BolaSkor.com - Harvey Elliott mencuat sebagai wonderkid yang berevolusi menjadi calon bintang Liverpool pada musim 2021-2022. Namun karier pemain berusia 18 tahun itu kini terancam layu sebelum berkembang.

Elliott mendapat kesempatan mengikuti latihan pramusim Liverpool jelang bergulirnya musim 2021-2022. Ia baru kembali dari masa peminjaman di Blackburn Rovers selama satu tahun terakhir.

Elliott memang mengalami perkembangan yang signifikan di Blackburn. Ia mampu mencetak tujuh gol dan 12 assist dari 43 penampilan di semua kompetisi.

Baca Juga:

Leeds United 0-3 Liverpool: 100 Buat Mo Salah

Patah Kaki, Bintang Muda Liverpool Dapat Pesan Mengharukan dari Klopp

Klopp Beri Kode Liverpool Kedatangan Penyerang Baru

Harvey Elliott

Perkembangan Elliott tampaknya menarik perhatian manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Pria berkebangsaan Jerman itu pun memberikan panggung untuk pemain kelahiran London tersebut unjuk gigi.

Elliott memang hanya bermain selama tujuh menit saat Liverpool menang 3-0 atas Norwich pada laga pembuka. Namun ia kemudian tampil penuh dalam dua laga beruntun saat menjamu Burnley dan Chelsea.

Hal ini menjadi bukti Elliott mulai mendapat tempat di skuat utama Liverpool. Perannya juga diubah dari winger menjadi gelandang serang.

Sayang, kesempatan Elliott menunjukkan potensi terbaiknya harus tertunda sekarang. Ia mengalami patah kaki saat Liverpool bertandang ke markas Leeds United, Minggu (12/9).

Cedera ini memaksa Elliott absen dalam jangka waktu lama. Ia juga belum tentu bisa langsung kembali ke performa terbaik usai pulih.

Siapa Harvey Elliott?

Elliott merupakan pemuda yang lahir di London pada 4 April 2003. Ia berstatus anak sulung dari tiga bersaudara.

Bakat sepak bola Elliott sudah tercium sejak dini. Ia memulai pendidikan sepak bolanya bersama klub Queens Park Rangers sejak usia 9 tahun.

Elliott awalnya bermain sebagai bek kiri. Ia langsung dipercaya memperkuat tim U-11 Queens Park Rangers.

Harvey Elliott (paling kanan) saat berperan sebagai player escort.

Tak butuh waktu lama bagi Elliott untuk membuat kagum tim pelatih. Ia kemudian didorong lebih ke depan untuk memaksimalkan bakatnya.

Beberapa tahun kemudian, Elliott pindah ke akademi Fulham yang juga bermarkas di London. Bakatnya kian berkembang di sini.

Elliott sempat mencuri perhatian setelah menembus tim U-18 Fulham di usia 14 tahun. Setahun berselang, ia melakoni debut di tim utama The Cottagers.

Elliott juga menjadi salah andalan Timnas junior Inggris. Ia tercatat memiliki caps bersama Inggris U-15,U-16, dan U-17 sejak 2018 silam.

Tak sampai di situ, Elliott sukses memecahkan rekor sebagai debutan termuda di Premier League. Ia tampil membela Fulham pada laga kontra Wolverhampton pada 4 Mei 2019 ketika usianya baru menginjak 16 tahun 30 hari.

Harvey Elliott memecahkan rekor debutan termuda di Premier League.

Bakat besar Elliot pada akhirnya menarik perhatian Liverpool. The Reds membajaknya dari Fulham pada musim panas 2019.

Namun Elliott tak langsung menembus tim utama. Ia menghabiskan sebagian besar musim pertamanya dengan bermain di Tim Liverpool U-23.

Liverpool kemudian menyekolahkan Elliott ke Blackburn sepanjang musim lalu. Hal ini dilakukan agar sang pemain terbiasa dengan permainan keras di level senior.

Klopp dan Liverpool harusnya memanen hasil dari keputusannya pada musim ini. Elliott terlihat semakin matang usai mengahbiskan satu musim di divisi Championship.

Elliott menjadi salah satu opsi baru di lini tengah. Hal ini sangat penting karena Liverpool kehilangan Georginio Wijnaldum dan Xherdan Shaqiri yang pindah.

Namun Klopp harus bersabar lagi melihat perkembangan karier Elliott. Anak asuhnya tersebut berpeluang absen hingga akhir musim untuk memulihkan cederanya.