BolaSkor.com - Nama Hugo Samir masuk ke dalam 36 pemain yang dipanggil manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, pada pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-18.

Ini merupakan TC tahap ketiga Timnas Indonesia U-18 di Stadion Madya, Senayan, Senin (13/9). TC ini berlangsung hingga 18 September 2021 mendatang.

Namun belum banyak yang mengetahui Hugo Samir adalah putra dari pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago. Meski sang ayah merupakan Warga Negara Brasil, Hugo Samir memilih menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), mengikuti jejak sang ibu.

Hugo Samir sejak kecil meneruskan bakat sang ayah sebagai pesepak bola profesional di Indonesia. Hugo Samir lahir pada 25 Januari 2005. Hugo Samir kerap menimba ilmu dalam sebuah turnamen anak-anak di Surabaya.

Baca Juga:

Hugo Samir, Asa Menembus Skuat Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20

Para Pemain TC Timnas U-18 Diharapkan Penuhi Kriteria Shin Tae-yong

Hugo Samir
Hugo Samir saat membela klub internal Persebaya Surabaya. (Perseba.id)

Meski ayahnya legenda sepak bola di Indonesia, Hugo lantas tak berpangku tangan. Ia menimba kariernya dengan perjuangan diri sendiri. Hugo tak mau seenak saja masuk skuat junior Persipura.

Lambat laun bakatnya tercium oleh Barito Putera. Ia masuk Elite Pro Academy (EPA) Barito Putera U-16. Hugo masuk ke Barito Putera U-16 dengan jalan sendiri alias seleksi, tanpa bantuan sang ayah yang saat itu kebetulan menjadi pelatih Barito Putera.

Usianya ketika itu masih 14 tahun, tetapi Hugo mampu mengimbangi para pemain yang lebih tua darinya. Hugo Samir juga pernah berlatih secara intensif bersama klub internal Persebaya Surabaya, yakni Karanggayam FC. Ia berhasil menyabet gelar Piala Menpora 2018 bersama klubnya tersebut.

Hugo merupakan gelandang serang. Kemampuannya dalam mengatur serangan membuat Bhayangkara FC U-18 kepincu. Akhirnya Hugo bergabung dengan The Young Guardian.

Jacksen F Tiago
Keluarga Jacksen F Tiago. (Instagram)

Hafiz Al Qur'an

Selain cermerlang di sepak bola, Hugo juga piawai dalam belajar. Ia menjadi penghafal atau Hafiz Al Qur'an. Hal tersebut nampak usai Jacksen membagikan momen kelulusan Hugo dari lembaga pendidikan Cambridge International School melalui Cambridge Assessment International Education.

Congratulations Lil man, for your online graduation (formatura online). Go chase your dreams,” tulis Jacksen dalam unggahan foto di akun Instagram pribadinya.

Hugo Samir bersama Jacksen F Tiago
Hugo Samir bersama Jacksen F Tiago. (Instagram)

Mimpi Bela Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2023

Kini, Hugo bermimpi membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023. Ia akan membayar kepercayaan Shin Tae-yong.

“Kaget juga saat pertama kali dipanggil, karena ini pertama kali juga mendapat panggilan dan saya senang semua latihan yang saya lakukan terwujud dengan dipanggilnya saya mengikuti kegiatan ini,” kata Hugo Samir, dikutip dari laman resmi PSSI.

“Pastinya saya akan banyak mendapatkan pelajaran nantinya dari coach Shin selama di TC, karena dia adalah pelatih yang bisa mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2018. Saya akan belajar disiplinnya, rasa tanggung jawab, cara bermain yang sesuai dengan permainan, saya akan minta masukan dan saran dari beliau. Terutama fisik, karena saya masih kurang di situ,” lanjutnya.

Hugo Samir
Hugo Samir. (Barito Putera)

Untuk itu, Hugo Samir akan berusaha untuk bisa meraih satu tempat bersama Timnas Indonesia U-20 pada ajang Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

“Saya ingin bisa terus masuk Timnas Indonesia dan berharap bisa bermain di Piala Dunia U-20 2023. Terpenting adalah, saya ingin membanggakan kedua orang tua saya, karena mereka sangat mendukung, mereka senang dan bangga anaknya bisa terpilih masuk Timnas. Ini juga yang saya tunggu-tunggu. Saya akan terus berjuang supaya lolos dan bisa masuk tim,” tegasnya.

“Saya berharap bisa berjuang bersama teman-teman, kita tahu didalam lapangan kita bersaing ketat, namun di luar kita tetap bersahabat. Terus berjuang, karena tidak semua bisa mendapat kesempatan ini, jadi manfaatkan sebaik-baiknya,” tutup pemain Bhayangkara FC itu.