Profil Ilaix Moriba, Penata Rambut Barcelona dengan Klausul Pembelian 100 Juta Euro

Arief HadiArief Hadi - Senin, 15 Februari 2021
Profil Ilaix Moriba, Penata Rambut Barcelona dengan Klausul Pembelian 100 Juta Euro
Ilaix Moriba (Twitter)

BolaSkor.com - Mes que un club. Arti dari kata itu adalah 'lebih dari sekedar klub' dan sudah menjadi moto sekaligus branding besar FC Barcelona di dunia. Bagi warga Catalunya - khususnya fans Barcelona - klub memang sekedar tim sepak bola biasa.

Ada filosofi kuat di balik sejarah Barcelona. Tidak sekedar jadi kebanggaan warga Catalunya, pesaing Espanyol dan Girona, Barcelona adalah klub yang memiliki tradisi kuat akan gaya sepak bola serta pengorbit bakat-bakat dari La Masia.

La Masia lalu ke tim utama Barcelona. Secara utuh Barcelona mengusung nilai-nilai budaya dan sepak bola Belanda, evolusi dari total football Belanda yang dibawa Rinus Michels lalu dikembangkan oleh Johan Cruyff dan kemudian mengakar di Barcelona.

Baca Juga:

5 Transfer Pemain yang Pernah Terjadi antara Barcelona dan PSG

5 Pertandingan Paling Seru Barcelona Vs PSG di Eropa

Asam dan Manis, Debut Ilaix Moriba bersama Barcelona

Permainan mereka sudah diajarkan dari La Masia dan diharapkan apa yang diajarkan di sana berlanjut ke tim utama. Dalam beberapa musim terakhir Barca melenceng dari nilai-nilai tersebut, merekrut bintang dengan harga fantastis seperti Philippe Coutinho, Ousmane Dembele, dan Antoine Griezmann.

Mundurnya Josep Maria Bartomeu diharapkan dapat memberikan warna baru dalam mengembalikan budaya Barcelona. Saat ini ada berkah di balik seretnya belanja pemain Barca karena pandemi virus corona.

Ronald Koeman mau tidak mau dipaksa merotasi skuad dan banyak memainkan pemuda-pemuda di klub, baik yang datang dari luar atau produk La Masia.

Francisco Trincao, Pedri, Riqui Puig, Ronald Araujo, Oscar Mingueza, dan Ilaix Moriba adalah beberapa nama pemain muda yang dirotasi Koeman musim ini untuk membantu pemain-pemain senior seperti Lionel Messi, Sergio Busquets, dan Gerard Pique.

Ilaix Moriba di tim B Barcelona

Nama Ilaix Moriba belakangan ini menarik atensi publik. Maklum saja pemberitaan sebelum ia memainkan debut di tim utama Barca, melawan Cornella di Copa del Rey pada Januari lalu, cukup menghebohkan.

Moriba menerima pendapatan besar di La Masia dengan gaji dua juta euro per tahunnya dan klausul pembelian sebesar 100 juta euro. Agennya sama dengan Gareth Bale, Jonathan Barnett.

Perbandingan dengan Paul Pogba

Debut LaLiga Moriba terjadi kala Barcelona menang 5-1 atas Deportivo Alaves di LaLiga. Kecanggungan terlihat pada Moriba yang melakukan satu kesalahan di pertandingan tersebut. Pemain berusia 18 tahun itu menyadarinya dan mengkritik dirinya sendiri.

"Eror itu menyangkut di pikiran saya, tapi saya sangat bahagia saya bermain malam ini," ucap Moriba selepas laga kontra Alaves.

Ronald Koeman senang anak asuhnya itu mengkritik dirinya sendiri dengan harapan belajar darinya, ia pun berharap Moriba mengembangkan permainannya.

Ilaix Moriba dengan Ronald Koeman

"Bagus (untuk Moriba) kritik kepada diri sendiri. Itu normal. Anda bisa selalu gagal mengoper bola, tapi bukan yang horizontal. Dia tak bisa melakukan itu dan dia tahu harus berkembang," tegas Koeman.

Guna mengetahui sedikit tentang permainannya, Moriba adalah gelandang yang kerap dibandingkan dengan Paul Pogba karena kekuatan fisik, bisa melakukan penetrasi dari lini kedua, dan aktif dalam proses serangan.

Nilai plus dari Moriba adalah dia memiliki nilai La Masia dalam gaya sepak bolanya, menjadikannya pemain yang lebih teknis daripada Pogba.

"Dia secara fisik sangat kuat, tetapi dia juga pemain yang sangat cerdas," kata mantan pelatih Moriba, Denis Silva Puig kepada Bleacher Report.

"Kebanyakan orang tidak menghargai ini. Di sini dia disebut 'Pogba-nya Barca' karena dia seperti Pogba muda, tetapi juga dia sangat, sangat cerdas — dan itu adalah potensi besarnya. Dia adalah pemain top, tidak diragukan lagi."

"Dia sedikit, mungkin modern — dalam arti sepak bola Inggris. Senang memilikinya di Barca. Akademi tidak bisa semua tentang Riqui atau Monchu — pemain kecil dengan banyak bakat."

"Tren sepak bola berubah setiap tahun, setiap bulan, tapi Ilaix ada di sini bukan karena dia tinggi atau kuat, tapi karena dia sangat bagus dalam setiap aspek permainan."

Bakat Lain Selain Sepak Bola

Ilaix Moriba lahir di Conakry, Ibu Kota Guinea pada 19 Januari 2003 dan itu negara tetangga dari Guinea Bissau, tempat kelahiran bintang muda Barca yang terlebih dahulu populer Ansu Fati. Keduanya bersahabat di La Masia.

Ibu Moriba berasal dari Guinea dan ayahnya dari Liberia. Moriba pada awalnya memulai karier di Espanyol, rival Barca, dan bertahan hingga usia tujuh tahun sebelum Barcelona memboyongnya ke La Masia.

Bersamaan dengan waktunya di La Masia Moriba juga menjadi murid di akademi penata rambut Josep Pons, salah satu akademi yang paling prestisius di Spanyol.

Josep Pons dan Ilaix Moriba

"Salah satu saudara laki-lakinya adalah pemain hebat, dia berjanji banyak dan tidak mengikuti jalur kemajuan yang diharapkan. Ilaix sangat memperhitungkan hal ini," ucap Josep Pons kepada EFE.

"Saya telah banyak berbicara dengannya karena kami mengerjakan nilai-nilai, termasuk mengetahui bagaimana mencerna kesuksesan dan pengakuan, sesuatu yang tidak mudah di usianya."

Penata rambut dan sepak bola dua kategori yang berbeda. Tapi jangan salah, sebab Akademi Josep Pons juga memiliki nilai-nilai atau budaya yang diajarkan di La Masia: nilai kemanusiaan, budaya kerja keras, kerendahan hati, dan perkembangan konstan.

"Filosofi kami sangat mirip dengan La Masia. Itu didasarkan pada nilai-nilai, budaya usaha, kerendahan hati dan peningkatan terus-menerus," tambah Pons mengomentari Moriba yang juga belajar di manajemen bisnis.

Ilaix Moriba memiliki karier sebagai pesepak bola profesional dengan prospek masa depan cerah (bisa dilihat dari klausulnya sebesar 100 juta euro). Tapi di satu sisi berbeda ia tak melupakan pendidikan dan juga mengasah bakat lainnya. Apa yang dilakukan Ilaix Moriba merupakan contoh bagus bagi pesepak bola muda.

Ilaix Moriba Breaking News Barcelona FC Barcelona
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan