Timnas Indonesia

Profil Jay Idzes: Palang Pintu Anyar Timnas Indonesia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 29 Desember 2023
Profil Jay Idzes: Palang Pintu Anyar Timnas Indonesia
Jay Idzes. (Instagram Jay Idzes)

BolaSkor.com - Jay Idzes telah resmi menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI). Ia mengucap sumpah menjadi WNI di di Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham DKI Jakarta, Kamis (28/12) mulai pukul 08.00 WIB.

Jay Idzes menjadi pemain keturunan ke-7 yang dinaturalisasi di era Shin Tae-yong, untuk kebutuhan Timnas Indonesia. Sebelumnya ada Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Justin Hubner.

Pemain berumur 23 tahun itu memiliki darah Indonesia dari sang kakek dan nenek. Kakek dan neneknya berasal dari Semarang.

Jay Idzes dinaturalisasi saat kariernya tengah menanjang. Pria kelahiran 2 Juni 2000 itu tengah membela klub Serie B Italia, Venezia.

Apalagi, pemain berposisi sebagai bek tengah ini selalu menjadi starter Venezia. Jelas ini menjadi keuntungan besar untuk Timnas Indonesia.

Baca Juga:

Akui Timnas Indonesia Underdog di Piala Asia 2023, Jordi Amat Anggap sebagai Tantangan

Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On Ditargetkan Bela Timnas Indonesia saat Lawan Vietnam Maret Tahun Depan

Jay Idzes
Jay Idzes usai mengambil sumpah menjadi WNI. (PSSI)

Level Klub

Jay Idzes lahir di Mierio, Belanda, 2 Juni 2000. Idzes memulai karier juniornya dari akademi PSV Eindhoven pada tahun 2014. Lalu ia membela VVV Venlo pada 2014-2016.

Kemudian, ia membela FC Eindhoven dari tim U-17 dan U-19 periode 2017-2018. Pada tahun 2018, Idzes memulai karier profesionalnya dengan membela tim utama FC Eindhoven.

Ia pun menjalani debut di kasta kedua kompetisi sepak bola Belanda, Eerste Divisie. Pada tahun 2020, Idzes hengkang ke Go Ahead Eagles.

Dan pada 1 Juli 2003, Idzes resmi berseragam Venezia. Penampilannya bersama Venezia cukup apik dengan 9 penampilan, semuanya sebagai starter. Dari 9 pertandingan itu, Venezia meraih 5 kali menang, 3 imbang, dan hanya sekali kalah.

Sayang, Idzes absen dalam 10 laga Venezia karena cedera. Sampai pertandingan tanggal 26 Desember kemarin, ia absen.

View this post on Instagram

A post shared by Jay Idzes (@jayidzes)

Menunggu Debut

Kini, Idzes menanti debut bersama Timnas Indonesia. Ia akan mengurus perpindahan federasi dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI), setelah itu baru bisa membela Timnas Indonesia.

PSSI menargetkan Idzes membela Timnas Indonesia saat menghadapi Vietnam, pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Maret 2024 mendatang.

"Kami berharap bisa tambah satu atau dua pemain, Jay Idzes maupun Nathan dalam kualifikasi pada Maret nanti menghadapi Vietnam dan tiga pertandingan lainnya home dan satu away (di sisa laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026) zona Asia). Hampir pasti diperkuat mereka berdua," kata Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Endri Erawan, saat ditemui seusai acara pengambilan sumpah pewarganegaraan Jay Idzes di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Kamis (28/12).

"Ya tentu saja saya sudah berkomunikasi dengan beberapa pemain, dengan Shayne pattynama, dengan Marc Klok, bicara banyak dan juga dengan pemain lain yang akan (berkomunikasi). Mudah-mudahan saya dapat bergabung di lain waktu, meski saya belum tahu persisnya. Jadi ya, kami banyak berbicara," timpal Idzes.

Jay Idzes
Jay Idzes usai mengambil sumpah menjadi WNI. (PSSI)

Biodata Jay Idzes:

Nama Lengkap: Jay Idzes
Tempat, Tanggal Lahir: Mierio, 2 Juni 2000
Tinggi badan: 191 cm
Posisi: Bek Tengah
Klub saat ini: Venezia
Karier Klub:

2018-2020 - FC Eindhoven
2020-2023 - Go Ahead Eagles
2023-sekarang - Venezia

Jay Idzes Timnas Indonesia Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.097

Bagikan