Profil Jorge de Frutos, Pemain Buangan yang Ingin Dipulangkan Madrid

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 19 Maret 2021
Profil Jorge de Frutos, Pemain Buangan yang Ingin Dipulangkan Madrid
Jorge de Frutos (Twitter)

BolaSkor.com - Real Madrid kerap melakukan blunder dengan membuang para pemain mudanya ke klub lain. Tak jarang kebijakan ini berujung penyesalan karena mereka yang disingkirkan mampu bersinar bersama klub lain.

Nasib serupa juga dialami Jorge de Frutos. Pemain berusia 24 tahun itu dilepas Madrid ke Levante sebelum musim 2020-2021 bergulir.

De Frutos memang bukan produk asli akademi Los Blancos. Ia baru dikontrak untuk memperkuat Real Madrid B atau Castilla pada 2018 silam.

Baca Juga:

Luis Muriel, Mantan Penjual Jalanan yang Menjadi Pahlawan di Kolombia

Profil Radu Dragusin, Pengagum Van Dijk yang Pernah Menolak Chelsea

Profil Omar Richards, Pemain 'Kelas Dua' yang Bikin Bayern Kesengsem

De Frutos kala memperkuat Real Madrid Castilla

Ada cerita menarik di balik keputusan Madrid mengontrak De Frutos. Klub ibu kota Spanyol itu ternyata mencuri start dengan menyodorkan pra kontrak dahulu kepada sang pemain pada 1 Mei 2018.

Peresmian kedatangan De Frutos baru dilakukan dua bulan setelah kontraknya bersama Rayo Majadahonda berakhir. Penampilannya di Segunda Division B memang mulai mencuri perhatian usai mencetak sembilan gol dari 34 laga meski bermain sebagai winger.

Namun bukan hanya itu yang membuat Madrid tergoda. Keahlian De Frutos bermain di banyak posisi dengan sama baiknya juga menjadi nilai tambah.

Manajemen Madrid berharap De Frutos dapat menunjukkan performa terbaik selama semusim di tim Castilla. Setelah itu, ia baru dipromosikan ke skuat utama.

Sepanjang musim 2018-2019 yang merupakan kesempatan perdana membela Madrid Castilla, De Frutos mampu menyumbang tujuh gol. Ia juga berkontribusi memberikan lima assist.

Sayang hal itu belum cukup untuk meyakinkan manajemen Madrid terkait kualitas De Frutos. Sang pemain justru dipinjamkan ke Real Valladolid jelang musim 2019-2020 dimulai.

Bersama Valladolid, De Frutos akhirnya bisa melakoni debut di LaLiga. Momen itu terjadi saat Valladolid bertandang ke markas Athletic Bilbao pada pekan kesembilan LaLiga 2020-2021.

Lagi-lagi dewi fortuna tak berpihak kepada De Frutos. Pada pertengahan musim, ia justru dipinjamkan lagi ke Rayo Vallecano yang tampil di kasta kedua.

Bersama Vallecano, De Frutos mampu menyumbang dua gol dan satu assist dari 17 pertandingan. Ia kemudian dipanggil pulang Madrid yang mengalami krisis finansial.

Alih-alih dilibatkan ke tim utama Madrid, De Frutos akhirnya justru dijual ke Levante. Dana sebesar lima juta euro merupakan nilai transfernya.

Jorge de Frutos

Bersama Levante, De Frutos mulai menunjukkan kualitas terbaiknya. Sejauh ini, ia sudah menorehkan tiga gol dan sepuluh assist dari 30 pertandingan di semua kompetisi.

Performa apik De Frutos inilah yang membuat Madrid mulai menyesal. Namanya kini masuk dalam daftar pembelian pada bursa transfer.

Madrid memang membutuhkan winger baru setelah Eden Hazard semakin akrab dengan cedera. Mereka juga akan kehilangan Lucas VazqueZ yang kontraknya segera habis.

Kualitas De Frutos

Bersama Levante, De Frutos lebih sering berperan sebagai winger kanan. Dari posisi ini, ia sudah mengumpulkan enam assist.

Namun De Frutos juga tak mengalami kesulitan berarti saat tampil di sisi kiri. Satu-satunya gol yang dicetak musim ini bahkan tercipta saat dirinya memainkan peran ini.

Tak hanya winger, De Frutos juga bisa bermain sebagai gelandang serang dengan cukup baik. Wajar jika Madrid tergoda untuk memulangkannya.

Madrid memang tidak memasukkan klausul buyback saat menjual De Frutos ke Levante. Namun peluang mereka untuk memanggilnya pulang cukup terbuka.

Harga De Frutos relatif terjangkau bagi Madrid yang tengah mengalami krisis finansial. Ia juga tak perlu lama beradaptasi karena sudah pernah bermain di sana sebelumnya.

Meski begitu, Madrid harus bergerak cepat untuk mengamankan jasa De Frutos. Pemain kelahiran 20 Februari 1997 itu juga menjadi buruan Sevilla yang punya kebiasaan memboyong nama kurang populer dan membentuknya menjadi bintang.

Real Madrid Jorge de frutos Sosok Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan