BolaSkor.com - Timnas Indonesia baru saja melakoni pertandingan melawan Thailand pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 di Stadion Al Maktoum, Kamis (3/6) kemarin. Pertandingan ini berakhir imbang dengan skor 2-2.

Namun menariknya, pada pertandingan kali ini manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan warna yang berbeda pada gaya bermain Timnas Indonesia. Penuh semangat dan kerja keras menjadi kunci Timnas Indonesia bisa menahan Thailand.

Tapi, ada sosok yang cukup menonjol pada pertandingan tersebut, ya dia adalah Kadek Agung Widnyana Putra. Pemain Bali United ini menjadi sosok pencetak gol Timnas Indonesia selain Evan Dimas Darmono, Kadek pun mengaku senang dengan gol yang diciptakan nya tersebut

Baca Juga:

Jelang Lawan Vietnam, Shin Tae-yong Evaluasi Kekurangan Timnas

Timnas Imbangi Thailand, Menpora: Modal Bagus buat SEA Games 2021

Namun dibalik permainan ciamik dari Kadek, sebenarnya belum banyak yang mengetahui sosok anak asli desa Luwus, Tabanan, Bali. Lahir tanggal 25 Juni 1998, Kadek kecil mungkin sama seperti anak-anak lain yang menyukai dunia sepak bola.

"Sejak kecil saya sudah belajar bermain sepak bola. Bagi saya sepak bola adalah segalanya. Bapak sering ajak menonton sepak bola dan lingkungan rumah juga olahraga yang populer adalah sepak bola. Hal inilah yang membuat saya suka dengan sepak bola," kenangnya, dikutip dari laman resmi PSSI.

Dalam suatu kesempatan, dirinya pernah mengikuti seleksi kabupaten dan kota untuk Timnas Indonesia U-19 besutan Indra Sjafri. Waktu seleksi semua pemain gabungan, nasib nahas dialaminya yang mengalami kecelakaan saat pulang sekolah.

“Iya, waktu itu tahun 2014 saya mengalami kecelakaan sepeda motor, harus ada operasi tempurung kaki kiri yang retak, jadi istirahat satu tahun, beberapa waktu tidak sadar," ujar Kadek.

"Saat dekat rumah tiba-tiba saya sudah tidak ingat lagi dan terbangun sudah di rumah sakit. Begitu tersadar, sudah banyak jahitan dan retak di tangan serta di dagu. Semua operasi pada waktu itu,” ceritanya.

Saat mengalami cedera tersebut, Kadek remaja mengira karier sepak bolanya akan tamat sampai disitu. Namun berkat motivasi dari orang terdekat membuatnya kembali membangun semangat untuk bisa menjadi pemain sepak bola yang merupakan cita-citanya sejak awal.

“Orang tua waktu itu sudah menangis karena mereka tahu jika cita-cita saya ingin menjadi pemain sepak bola. Namun saya tidak putus asa, saya semangatkan diri sendiri, dan dengan tekad yang kuat, saya sembuh dan sedikit demi sedikit kembali bisa berlatih sepak bola. Butuh waktu satu tahun bagi saya untuk tidak bisa bermain sepak bola dan berjuang pulih kembali,” katanya.

Kadek muda bermain untuk Bali United Youth. Berkat doa orang tua dan keinginan kuatnya, kini I Kadek Agung bukan hanya menjadi bagian klub Bali United. Kini berkat penampilannya Kadek berhasil menembus skuat Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong.

Profil Singkat

Nama Lengkap: I Kadek Agung Widnyana Putra

Tempat Tanggal Lahir: Tabanan, 25 Juni 1998

Posisi: Gelandang

Klub: Bali United

Karir Klub Junior:

2013–2014 (SSB Putra Tresna)

2015–2017 (Bali United Youth)

Karir Klub Senior:

2018 – sekarang (Bali United)

Tim Nasional:

2019 Indonesia U-23

2021 Indonesia Senior