BolaSkor.com - Persebaya Surabaya berhasil mengalahkan PSM Makassar 2-1, pada Laga pekan ke-19 Liga 1 2021/2022 di Stadion I Gusto Ngurah Rai, Bali, Jumat (14/1) malam WIB.

Dua gol kemenangan Persebaya dicetak oleh Taisei Marukawa (penalti 3') dan Marselino Ferdinan (55'). Sedangkan satu gol PSM dilesakkan Wiljan Pluim (84').

Dalam laga tersebut, lagi-lagi Marselino Ferdinan menjadi man of the match. Pemain berumur 18 tahun itu menampilkan permainan ciamiknya kembali.

Baca Juga:

Hasil Liga 1: Persebaya Tembus Tiga Besar Usai Bungkam PSM 2-1

8 Pemain Liga 1 Ini Wajib Dicoba Shin Tae-yong untuk Piala AFF U-23 2022

Tak hanya cetak gol, Marselino Ferdinan berkali-kali merepotkan pertahanan PSM. Bahkan, tercatat melepaskan 4 tembakan sasaran ke gawang, satu berbuah gol.

Ini merupakan gol keempat sang pemain dari 14 laga. Ia pun mencatatkan 5 assist juga.

Sedang Naik Daun

Marselino Ferdinan
Marselino Ferdinan saat bobol gawang PSM Makassar. (Persebaya.id)

Marselino Ferdinan memang sedang naik daun dalam beberapa laga terakhir Persebaya. Sejak mencetak gol Istimewa ke gawang Arema FC pada November 2021 lalu, penampilan Marselino Ferdinan terus meningkat.

Hal ini menjadi angin segar bagi Timnas Indonesia U-23 yang berkiprah di Piala AFF U-23 2022 pada Februari mendatang. Marselino Ferdinan bisa menjadi pemain penting untuk Skuat Garuda.

Perjalanan Karier

Marselino Ferdinan
Marselino Ferdinan saat membela Timnas Indonesia U-16. (PSSI)

Marselino Ferdinan lahir dari rahim kompetisi internal Persebaya. Ia merupakan adik dari Oktofianus Fernando, winger Persebaya juga.

Penampilan apiknya membuat pemain yang bisa berposisi sebagai gelandang serang dan winger itu masuk ke skuat Timnas Indonesia U-15 pada tahun 2019. Ia dipanggil Bima Sakti untuk mengikuti Piala AFF U-15 di Thailand.

Marselino Ferdinan langsung moncer dengan mencetak 5 gol dalam turnamen tersebut. Timnas Indonesia U-15 pun mampu merebut posisi tiga besar.

Selepas turnamen, pemain kelahiran 9 September 2004 itu menjalani karier bersama Persebaya kelompok umur sampai masuk ke tim senior. Kariernya di Timnas Indonesia kelompok umur masih terjaga.

Terakhir, ia dipanggil Shin Tae-yong membela Timnas Indonesia U-23 di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 menghadapi Australia, November 2021 kemarin. Sayang, ia tidak mampu membawa Skuat Garuda Muda lolos ke Piala Asia, namun penampilan Timnas Indonesia U-23 sangat impresif merepotkan Australia.

Marselino Ferdinan
Marselino Ferdinan saat cetak gol ke gawang Bali United. (Persebaya.id)

Kini, Marselino Ferdinan langsung tancap gas bersama Persebaya. Jadi pemain termuda di Persebaya, bukan menjadi halangan. Ia makin termotivasi untuk menunjukkan kemampuannya.

Memikat hati Shin Tae-yong untuk tampil di Timnas Indonesia U-20 pada ajang Piala Dunia U-20 2023. Dan tentu saja Timnas Indonesia U-23 di ajang Piala AFF U-23 2022.

Bahkan media Inggris, The Guardian, menobatkannya masuk ke dalam 60 wonderkid di seluruh dunia yang memiliki kemampuan dia atas rata-rata. Ia setara dengan pemain muda kelas wahid dunia, macam Luka Romero (Lazio), Nikola Illiev (Inter Milan), Gavi (Barcelona), hingga Elias Solberg (Juventus).

"Setelah mencatatkan debut untuk Persebaya dua hari setelah ulang tahunnya yang ke-17, dan menjadi pemain termuda yang pernah tampil untuk klub, pelatih Aji Santoso mengatakan bahwa masa depan remaja ini akan bersinar selama dia bekerja keras," tulis The Guardian.

"Si nomor 10, yang bisa bermain melebar, punya semua hal yang dibutuhkan - keseimbangan, kontrol bola, teknik - dan kepercayaan diri untuk menjadi bintang masa depan."

"Mungkin karena rasa sungkan sebagai pemain muda, Marselino beberapa kali tampil pelan saat harus membuat keputusan. Ini tentu perlu diperbaiki ke depannya," tandas The Guardian.

Marselino Ferdinan
Marselino Ferdinan. (Persebaya.id)

Profil Marselino Ferdinan:

Nama: Marselino Ferdinan

Tempat Lahir: Jakarta

Tanggal Lahir: 9 September 2004

Posisi: Gelandang serang dan Winger

Klub: Persebaya Surabaya

Karier Profesional:

Persebaya Surabaya (2020 - Sekarang)

Karier Timnas Indonesia:

Timnas Indonesia U-15/U-16 (2019)

Timnas Indonesia U-19/U-20 (2021 - Sekarang)

Timnas Indonesia U-23 (2021 - Sekarang)