BolaSkor.com - Bek kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan Alif, terpilih sebagai pemain muda terbaik Piala AFF 2020, berdasarkan hasil polling.

Di Piala AFF 2020, Pratama Arhan bermain sebanyak 6 kali, dimana 5 di antaranya sebagai starter dan bermain penuh. Pemain asal PSIS Semarang itu mengoleksi dua gol dan dua assist.

Salah satu gol yang teringat dari pemain berumur 20 tahun itu adalah tendangan keras kaki kirinya ke gawang Malaysia.

Ia pun sekali menjadi man of the match kala berjumpa Malaysia. Selain mencetak gol spektakuler, Pratama Arhan membawa Timnas Indonesia membantai Malaysia 4-1, sekaligus lolos ke semifinal.

Baca Juga:

Shin Tae-yong Sebut Timnas Indonesia Kekurangan Striker Mumpuni karena Kompetisi

Galeri Foto: Timnas Indonesia Runner-up Piala AFF 2020

Pratama Arhan
Pratama Arhan jadi man of the match melawan Malaysia. (AFF)

Pratama Arhan mengawali kariernya dari Sekolah Sepak Bola (SSB) di Putra Mustika Blora. Kemudian bakatnya terus diasah oleh akdemi PSIS.

"Awalnya, saya mengecap Sekolah Sepak Bola (SSB) di Putra Mustika Blora. Lalu ke Akademi Terang Bangsa Semarang hingga BJL Semarang. Pada awal tahun 2019, saya ikut PSIS Semarang U-18, terus waktu itu saya juga ikut di PSIS U-20. Pada tahun 2020 awal, saya dipromosikan ke PSIS Senior. Saya dilirik hingga masuk Timnas Indonesia U-19," kata Pratama Arhan kepada BolaSkor.com.

"Saya berterima kasih kepada orang tua yang selalu men-support saya dari kecil hingga saat ini. Tak lupa juga beberapa pelatih Sekolah Sepak Bola (SSB) Putra Mustika Blora, Akademi Terang Bangsa Semarang, hingga BJL Semarang, yang pernah menjadi tempat saya bernaung, termasuk teman-teman saya. Mereka semua memberikan motivasi untuk saya harus menunjukkan permainan yang terbaik di setiap pertandingan," tambahnya.

Pratama Arhan
Aksi Pratama Arhan melawan Malaysia. (PSSI)

Ia pun menceritakan bagaimana dirinya bertransformasi dari posisi gelandang ke bek kiri. Marcelo dan Alphonso Davies menjadi role model-nya.

"Awalnya, saya masih bermain di gelandang dan sayap kiri atau kanan. Namun, pada akhirnya ketika di PSIS, saya mulai terbiasa bermain di bek kiri. Saya sangat terinspirasi dengan Marcelo," ujar Pratama Arhan.

"Marcelo dan Alphonso Davies. Ini keduanya pemain bek sayap kiri yang luar biasa. Memiliki insting bertahan dan menyerang sama baiknya. Stamina keduanya juga sangat bagus. Itu yang dibutuhkan bek sayap kiri."

"Cita-cita saya tentu menjadi pemain profesional dan berkarier di luar negeri, seperti Eropa. Impian saya ingin banggakan kedua orang tua saya, dan bawa Indonesia juara, raih prestasi di kancah internasional," tambahnya.

Pratama Arhan
Selebrasi Pratama Arhan usai bobol gawang Malaysia. (PSSI)

Profil Pratama Arhan:

Nama: Pratama Arhan

Tempat, Tanggal Lahir: Blora, 21 Desember 2021

Tinggi: 170 cm

Posisi: Bek Kiri dan Sayap Kiri

Klub: PSIS Semarang

Karier Profesional:

PSIS Semarang 2018 - Sekarang