Profil Puskas Arena, Stadion Laga Final Liga Europa 2022-2023

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 31 Mei 2023
Profil Puskas Arena, Stadion Laga Final Liga Europa 2022-2023
Puskas Arena (Twitter)

BolaSkor.com - Final Liga Europa 2022-2023 sudah di depan mata. Sevilla akan melawan AS Roma di Puskas Arena, Kamis (01/06) pukul 02.00 dini hari WIB. Pertandingan yang menarik karena beberapa catatan dari kedua tim.

Dari Sevilla, mereka merupakan Raja Liga Europa dengan raihan enam trofi dan pernah menjuarainya tiga kali beruntun pada 2013-2016. Sevilla tidak pernah kalah ketika mencapai final Liga Europa.

Dalam perjalanan di fase gugur Liga Europa musim ini, Sevilla bahkan menyingkirkan dua tim kuat Manchester United dan Juventus. Statistik menarik juga dimiliki Roma bukan dari sisi klub melainkan sang pelatih, Jose Mourinho.

Pelatih asal Portugal musim lalu memenangi edisi perdana UEFA Conference League dan musim ini mencapai final Liga Europa. Mourinho juga punya rekor 100 persen final turnamen antarklub Eropa mulai dari Liga Champions, Liga Europa, hingga UEFA Conference League.

Baca juga:

Alasan Mengapa Final Liga Europa Musim Ini Menarik untuk Dinanti

Hasil Liga Europa: AS Roma Tantang Sevilla di Final

Final Liga Europa: AS Roma Bisa Nodai Rekor Bagus Sevilla

Dua statistik menarik dari kedua tim tersebut menjadikan final Liga Europa musim ini layak dinanti. Terlebih laga akan dimainkan di stadion bersejarah Puskas Arena.

Profil Puskas Arena

Hungaria pernah menjadi buah bibir di Eropa pada medio 1950-an ketika mereka punya pemain bernama Ferenc Puskas, dengan tim yang disegani di Eropa dan dikenal dengan istilah Mighty Magyars.

Nama yang ikonik di dunia itu dijadikan nama stadion Nepstadion pada 2002 dan kini menjadi Puskas Arena. Nepstadion dibangun pada 1948 dan berakhir pada 1953, penamaan Nepstadion itu pun memiliki makna 'Stadion Rakyat'.

Pada awalnya stadion direncanakan dibangun pada 1896 saat Budapest punya potensi jadi tuan rumah Olimpiade, tetapi pada Olimpiade 1920 Budapest urung jadi tuan rumah dan kalah dari Antwerp, Belgia - itu juga pengaruh dari kekalahan Austria-Hungaria di Perang Dunia 1.

Penamaan Nepstadion menjadi Puskas Arena tidak lepas sebagai bentuk penghormatan kepada Ferenc Puskas. Stadion yang sebelumnya pernah jadi venue multifungsi kini jadi stadion khusus sepak bola.

Kapasitas Puskas Arena pada awalnya mencapai 40.000 penonton dan ini termasuk stadion baru, karena bangunan lama dihancurkan total pada 2016 dan dibangun kembali pada 2017 (selesai pada akhir 2019).

Setelah pembangunan kembali Puskas Arena, kapasitas penonton bertambah jadi 68.000. Selain digunakan sebagai venue timnas Hungaria, Puskas Arena sudah pernah menghelat laga-laga besar UEFA.

Termasuk di antaranya Piala Super Eropa 2020 antara Bayern Munchen melawan Sevilla (Bayern menang 2-1). Selain itu juga, Puskas Arena pernah menghelat laga Piala Eropa 2020 yang melibatkan Hungaria, Prancis, dan Portugal, juga laga di 16 besar.

Sebagai tambahan, empat laga di fase gugur Liga Champions 2020-2021 juga dimainkan di Puskas Arena, saat pandemi virus corona memaksa UEFA memindahkan beberapa laga ke negara berbeda karena larangan memasuki beberapa area.

Puskas Arena Liga Europa Roma AS Roma Sevilla
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.127

Bagikan