BolaSkor.com - Ramai Rumakiek, namanya baru melejit dalam setahun belakangan ini. Pemain berusia 19 tahun itu langsung menarik perhatian para pencinta sepak bola Indonesia kala memperkuat Persipura Jayapura pada Liga 1 2021/2022.

Performa gemilangnya dilihat pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Ramai langsung dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia untuk persiapan menghadapi Taiwan, pada laga play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Thailand, Oktober 2021 lalu.

Ramai langsung menjawab kepercayaan Shin Tae-yong dengan sumbangan satu gol kala Timnas Indonesia menang 2-1 atas Taiwan di pertemuan pertama. Timnas Indonesia pun melaju ke Kualifikasi Piala Asia 2023 setelah kembali menang meyakinkan 3-0 atas Taiwan di pertemuan kedua.

Shin Tae-yong kembali mempercayakan Ramai untuk membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Bersama Skuat Garuda, ia tampil sebanyak 5 kali dengan torehan satu gol. Ramai yang masih berusia belia tampil impresif, sehingga membawa Timnas Indonesia menempati posisi runner-up.

Baca Juga:

Witan Sulaeman Berpeluang Hengkang ke FK Senica dengan Status Pinjaman

Masa Depan Egy Maulana Vikri di FK Senica Segera Terjawab

Ramai Rumakiek
Ramai Rumakiek. (PSSI)

Perjalanan Ramai mencapai titik ini tentu dilakukan dengan perjuangan. Ia memulai kiprahnya bersama Sekolah Sepak Bola (SSB) Batik yang terletak di Perumahan Pemfa II, Kotaraja, Cigombong, Distrik Abepura, Kota Jayapura. Perumahan itu merupakan tempat tinggal Ramai.

"Pertama hanya bermain bersama teman-teman rumah. Mulai dari gawang mini kemudian komplek saya membuat SSB Batik, mungkin tidak asing lagi di Jayapura. Di situ saya mulai berlatih dari kecil hingga 16 tahun dilirik Persipura U-16," kenang Ramai menceritakan awal kariernya menekuni sepak bola, dalam channel YouTube PSSI.

Sosok yang berjasa menggembleng dirinya adalah Thomas Maja. Ia merupakan elatihnya di SBB Batik.

"Dari kecil saya sudah dikasih motivasi, dibina. Kadang salah dimarahi dan jika benar dipuji. Sampai sekarang dia saya anggap sosok berjasa bersama dukungan kedua orangtua, dan teman-teman tentunya," ujar Ramai.

Ramai Rumakiek
Ramai Rumakiek. (PSSI)

Profil Ramai Rumakiek:

Nama: Ramai Rumakiek
Tempat, Tanggal Lahir: Sorong, Jayapura, 19 April 2002
Umur: 19 Tahun
Tinggi: 165 cm
Posisi: Sayap kanan dan kiri
Klub: Persipura Jayapura
Karier Profesional:

Persipura Jayapura (2021 - Sekarang)