Profil Sergino Dest, Pemain Muda Terbaik Ajax yang Ramah untuk Kantong Barcelona

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Rabu, 30 September 2020
Profil Sergino Dest, Pemain Muda Terbaik Ajax yang Ramah untuk Kantong Barcelona
Sergino Dest (Twitter)

BolaSkor.com - Setelah terlihat tak beriak di bursa transfer, akhirnya Barcelona melakukan langkah konkret. Blaugrana mendatangkan bek asal Ajax Amsterdam, Sergino Dest.

Mungkin, Sergino Dest adalah nama yang asing untuk pecinta sepak bola tanah air. Namun, ia sedang mendapatkan banyak sorotan setelah tampil brilian di sisi kanan pertahanan Ajax Amsterdam.

Pemain yang memiliki nama lengkap Sergio Gianni Dest tersebut lahir di Almere, Belanda, 19 tahun silam. Ia tinggal bersama sang ayah yang merupakan orang Amerika Serikat keturunan Suriname dan sang ibu yang berasal dari Belanda.

Uniknya, Dest tidak pernah menginjakkan kaki di Amerika Serikat hingga 2014. Jatuh cinta pada pandangan pertama, sang pemain pun memilih Amerika Serikat sebagai negara yang ia bela. Pelatih AS U-20 saat tu, Dave van den Bergh, memegang peranan penting. Hingga saat ini, Sergino Dest telah melakoni tiga laga bersama tim nasional Amerika Serikat senior.

Baca Juga:

Rekor yang Dapat Dipecahkan Lionel Messi bersama Barcelona di Musim 2020-2021

Menanti Keampuhan Formasi 4-2-3-1 Barcelona Racikan Ronald Koeman di Laga Resmi

Ronald Koeman Merasa Ditinggalkan Presiden dan Petinggi Barcelona

Sergino Dest

Pada masa awal, bakat sepak bola Sergino Dest ditempa di Almere City FC. Saat itu, nama Dest mulai harum dan menjadi buruan para pemandu bakat di Belanda.

Sergino Dest menuju akademi Ajax Amsterdam pada awal Juli 2012. Ajax yang punya nama besar dalam mengembangkan kemampuan pemain membuat Sergino Dest jatuh hati.

Karier Sergino Dest berproses di akademi Ajax. Ia mulai dipromosikan ke kelompok umur berikutnya. Akhirnya, pada September 2019, Sergino Dest resmi menjadi bagian Ajax senior.

Keputusan Ajax tersebut tak terlepas dari pemainan gemilang Sergino Dest selama di akademi. Ia tampil dalam 18 pertandingan bersama Ajax U-21 dengan torehan satu gol plus dua assist. Ketika membela Ajax U-19, catatannya adalah empat gol plus lima assist.

Musim lalu bisa dibilang menjadi panggung terbesar Sergino Dest untuk unjuk gigi. Ia mendapatkan kesempatan tampil dalam 36 pertandingan di berbagai ajang. Sang bek pun berkontribusi dengan mengkreasikan dua gol plus enam assist.

Soal gaya main, Sergino Dest merupakan bek sayap modern. Ia sering membantu serangan dengan kecepatan yang di atas rata-rata.

Naluri menyerang Sergino Dest pun cukup tajam. Maklum, pada awal kariernya, ia bermain sebagai pemain sayap. Dest pun dikenal memiliki umpan yang memanjakan.

Sergino Dest

Dengan performa tersebut, Sergino Dest terpilih sebagai Talent of the Year Ajax 2020. Ia mengikuti jejak Christian Eriksen, Matthijs De Ligt, Toby Alderweireld, dan Jan Vertonghen.

Tak pelak, Sergino Dest sering dibandingkan dengan Trent Alexander-Arnold dan Reece James. Ketiga pemain tersebut dianggap memiliki gaya bermain yang mirip.

Daftar riwayat hidup tersebut sudah cukup membuat Dest menjadi buruan beberapa raksasa Eropa. Dua klub yang getol mendekati Dest adalah Barcelona dan Bayern Munchen.

Bagi Sergino Dest, memilih di antara dua klub tersebut sangat mudah. Dalam sebuah wawancara dua tahun lalu, Dest telah mengutarakan niat membela Barcelona.

"Saya ingin bermain di LaLiga atau Premier League," tegas Sergino Dest dalam wawancara bersama Andy van der Meijde yang tersiar di Youtube.

Sementara itu, ketika diminta memilih Barcelona atau Real Madrid, tanpa pikir panjang Sergino Dest menyebut Barca.

"Saya pikir akan lebih baik membela Barcelona. Real Madrid memiliki arti yang berbeda. Itu seperti lebih banyak bertarung, seperti pejuang."

"Perbandingan tersebut seperti Feyenoord melawan Ajax. Ajax adalah Barcelona, sedangkan Madrid adalah Feyenoord. Jadi saya memilih bermain untuk Barcelona" ujar Sergino Dest.

Sergino Dest

Bagi Barcelona, memenangi pertarungan mendatangkan Sergino Dest adalah cahaya terang pada bursa transfer. Maklum, Barca sedang dalam kesulitan dari sisi finansial untuk memboyong pemain baru.

Contohnya, untuk merekrut amunisi anyar, Barcelona perlu mendepak sejumlah pemain senior seperti Arturo Vidal, Ivan Rakitic, dan Luis Suarez.

Barcelona dikabarkan hanya perlu mengeluarkan 22 juta euro untuk mengamankan Sergino Dest. Nilai tersebut terbilang wajar untuk pemain muda yang punya potensi besar.

Kehadiran Sergino Dest merupakan pengganti dari Nelson Semedo yang menuju Wolverhampton Wanderers. Ia akan bersaing dengan Sergi Roberto untuk memperebutkan posisi bek kanan.

Konklusi dari transfer ini adalah saling menguntungkan. Barcelona mendapatkan pemain muda bertalenta dengan harga murah. Sementara itu, Sergino Dest menuju tim yang diimpikannya sejak dulu.

Sergino Dest Barcelona Breaking News LaLiga
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.359

Bagikan