Profil Shayne Pattynama: Calon Pemain Naturalisasi Timnas Berdarah Semarang

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 01 Maret 2022
Profil Shayne Pattynama: Calon Pemain Naturalisasi Timnas Berdarah Semarang
Shayne Pattynama. (Istimewa)

BolaSkor.com - Shayne Pattynama merupakan calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, yang sudah menyatakan kesiapannya membela Skuat Garuda. Pemain berumur 23 tahun itu melengkapi Sandy Walsh dan Jordi Amat sebagai calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia.

Shayne Pattynama sudah memberikan dokumen untuk keperluan naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) kepada PSSI. Hal ini diungkapkan oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani.

"Kemarin malam, Senin (21/2), Shayne Pattynama sudah mengirimkan surat pernyataan dan dokumen pendukung," ujar Hasani Abdulgani di Jakarta, Selasa (22/2) lalu.

Baca Juga:

Pemain Keempat Naturalisasi Timnas antara Emil Audero atau Jordy Wehrmann

Pemain 'Top' Bakal Lengkapi 4 Nama yang Dinaturalisasi untuk Timnas

Profil Shayne Pattynama

Shayne Pattynama
Shayne Pattynama. (Istimewa)

Lalu siapakan Shayne Pattynama sebenarnya? Shayne Pattynama merupakan pemain keturunan Indonesia-Belanda. Ia memiliki darah Indonesia karena sang ayah berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Namun, nama Pattynama sendiri merupakan marga Maluku.

Shayne Elian Jay Pattynama lahir di Lelystad, Belanda, pada 11 Agustus 1998. Ia berposisi sebagai bek kiri. Shayne Pattynama memulai karier akademinya dimulai dari SV Lelystad '67 (2004-2007), Ajax Amsterdam (2007-2010), dan FC Utrecht (2010-2017).

"Sejak kecil, orang tua ingin mendidik kami dengan dua bahasa (Belanda dan Indonesia). Namun, itu menjadi agak sulit sehingga kami akhirnya hanya fasih berbahasa Belanda," tuturnya pada 2020 kanal YouTube Yussa Nugraha.

Karier Profesional

Shayne Pattynama
Shayne Pattynama. (Istimewa)

Dikutip dari Transfermarkt, Shayne Pattynama memulai debut karier profesionalnya bersama Jong Utrecht di Eerste Divisie (Divisi 2 Liga Belanda). Saat itu, debutnya dimulai ketika Jong Utrecht menghadapi FC Oss pada 21 Agustus 2017. Ia baru mencetak gol perdananya bersama Jong Utrecht saat kalah 2-4 dari Go Ahead Eagles pada 11 Feberuari 2019.

Selanjutnya, Shayne Pattynama membela Telstar. Ia bermain 48 kali dan mencetak 5 gol serta 5 assist selama 2019-2021. Lalu, ia pindah bersama klub kasta tertinggi kompetisi sepak bola Norwegia, Viking Stavanger.

Menurut Transfermarkt, Shayne Pattynama tercatat 24 kali memperkuat Viking Stavanger di Eliteserien. Ia sudah membuat dua gol dan lima assist.

"Saya sering mendengar berita tentang Timnas Indonesia. Dan, kalau panggilan itu datang, saya akan bilang 'iya' untuk itu," kata Shayne Pattynama juga di kanal YouTube Yussa Nugraha.

"Itu adalah suatu kehormatan untuk bermain di Timnas Indonesia. Namun, saya belum menerima panggilan apa pun dari mereka. Saya hanya sering melihat nama saya di berita-berita Indonesia," lanjutnya.

Profil Shayne Pattynama:

Nama: Shayne Pattynama

Tempat, Tanggal Lahir: Lelystad, Belanda, 11 Agustus 1998

Posisi: Bek Kiri

Klub: Viking Stavanger

Karier Junior:

SV Lelystad '67 (2004-2007)

Ajax Amsterdam (2007-2010)

FC Utrecht (2010-2017)

Karier Profesional:

Jong Utrecht (2017-2019)

Telstar (2019-2021)

Viking Stavanger (2021- sekarang)

Jordi Amat Sandy Walsh Shayne Pattynama Timnas Indonesia Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.858

Bagikan