Profil Singkat 3 Klub Promosi LaLiga 2021-2022

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 11 Agustus 2021
Profil Singkat 3 Klub Promosi LaLiga 2021-2022
Espanyol (Twitter)

BolaSkor.com - Persaingan LaLiga 2020-2021 akan menjadi era baru kasta teringgi sepak bola Spanyol dihelat tanpa megabintang, Lionel Messi. LaLiga menatap era baru tanpa Messi setelah sebelumnya ditinggal Cristiano Ronaldo dan Sergio Ramos.

Kendati demikian hal tersebut tidak akan menyurutkan persaingan LaLiga yang akan berjalan sengit dalam perebutan titel, perebutan zona Eropa (Liga Europa dan Liga Champions), serta tim-tim yang berusaha menjauh dari zona degradasi.

Musim lalu tiga tim yang dipastikan degradasi ke Divisi Segunda adalah Eibar, Real Valladolid, dan Huesca. Sementara untuk tiga tim promosi musim ini adalah RCD Mallorca, Rayo Vallecano, dan RCD Espanyol.

Baca Juga:

Era Baru Tanpa Lionel Messi, Berikut 6 Calon Top Skorer LaLiga 2021-2022

Barcelona dan Madrid Bersatu, Siap Gugat LaLiga Terkait Kesepakatan dengan CVC

Alasan Real Madrid dan Barcelona Tolak Dana Segar dari LaLiga

Ketiga tim promosi itu sudah tidak asing lagi dengan LaLiga karena Mallorca, Vallecano, dan Espanyol merupakan klub-klub tradisional Spanyol. Kehadiran mereka bisa semakin membuat seru persaingan.

Target realistis mereka untuk bertahan di LaLiga, tetapi jika konsistensi bermain bisa mereka dapatkan dan juga momentum, bukan tak mungkin target papan tengah bahkan masuk zona Eropa bisa tercapai.

Berikut BolaSkor.com menjabarkan profil singkat mengenai ketiga klub promosi LaLiga 2021-2022. Dari Espanyol hingga Vallecano, berikut ulasannya:

1. RCD Espanyol

Hanya butuh waktu semusim bagi Espanyol arahan Vicente Moreno untuk kembali bermain di LaLiga usai degradasi. Ini mengartikan akan kembalinya Derby Catalunya melawan Barcelona, plus Girona.

Espanyol promosi setelah menjuarai Divisi Segunda dengan catatan 24 kemenangan, 10 hasil imbang, dan delapan kekalahan. Poin yang sama juga dimiliki Mallorca tapi selisih gol dan head to head Espanyol lebih baik.

Pertahanan Espanyol, bersama dengan Mallorca dan Gijon, merupakan yang terbaik musim lalu. Pengalaman Diego Lopez di bawah mistar gawang dibantu pertahanan kukuh yang digalang Miguelon, Oscar Gil, David Lopez, Leandro Cabrera, Fernando Calero, dan Adria Pedrosa.

Selain itu Espanyol juga memiliki keseimbangan bagus juga di sektor ofensif. Produk akademi Real Madrid, Raul de Tomas menjadi top skorer musim lalu diikuti pemain seperti Javi Puado dan Adrian Embarba.

De Tomas, Embarba, Puado merupakan trisula berbahaya yang dimiliki Espanyol musim lalu. Ketiganya dapat menjadi momok berbahaya jika bisa mengulang penampilan mereka musim lalu.

Pelatih: Vicente Moreno

Stadion: RCDE Stadium

Kapten: David Lopez

Pemain-pemain Kunci: Diego Lopez, Raul de Tomas, Wu Lei, Javi Puado, Adri Embarba, Nico Melamed

2. RCD Mallorca

Tim yang sudah terbiasa malang melintang naik turun di Divisi Segunda dan juga LaLiga. Seperti halnya Espanyol, Mallorca juga promosi setelah semusim bermain di Divisi Segunda. Bahkan Mallorca mengoleksi poin sama dengan Espanyol dan duduk sebagai runner-up.

Dikenal dengan julukans Los Bermollones, Mallorca didirikan pada 1916 dengan stadion berkapasitas 23.142 penonton. Mallorca dilatih oleh Luis Garcia Plaza dan memiliki Presiden Klub bernama Andy Kohlberg.

Mallorca tidak memiliki pemain-pemain bintang dalam skuadnya dan mengandalkan kolektivitas bermain. Di tengah kesulitan ekonomi karena pandemi virus corona, sejauh ini Mallorca baru mendatangkan Jaume Costa, Dominik Greif, Pablo Maffeo, dan Angel Rodriguez.

Kendati minim amunisi anyar dan skuad merata di setiap lininya, Luis Garcia tidak segan melabeli timnya sebagai lawan yang patut diwaspadai di LaLiga. Garcia menegaskan jika Mallorca siap merepotkan lawan-lawan mereka.

"Tim berkompetisi dengan baik, dengan segenap jiwa dan akan bermain maksimal, hal terpenting adalah atmosfer bagus dan meski kami akan menderita, tim akan bertahan dan memberikan banyak peperangan ke tim lain," tegas Garcia.

Pelatih: Luis Garcia Plaza

Stadion: Visit Mallorca Estadi

Kapten: Manolo Reina

Pemain-pemain Kunci: Abdon Prats, Amath Ndiaye, Dani Rodriguez, Salva Sevilla, Junior Lago

3. Rayo Vallecano

Perjuangan ekstra dibutuhkan oleh Rayo Vallecano untuk kembali ke LaLiga setelah dua musim berkutat di Divisi Segunda. Vallecano didirikan pada 1924 dan bermarkas di Vallecas, Madrid.

Kapasitas stadium Vallecano, Campo de Futbol de Vallecas menampung sebanyak 14.708 penonton. Klub juga memiliki julukan Los Fronjirrojos (The Red Sashes). Klub dimiliki oleh Raul Martin Presa dan Andoni Iraola berperan sebagai pelatih.

Vallecano promosi via jalur play-off usai menang 2-0 atas Girona, itu membalikkan agregat gol menjadi 3-2 setelah kalah 1-2 di leg pertama. Dibanding Mallorca, Vallecano punya skuad yang lebih merata di tiap lininya.

Dalam skuad Vallecano ada putra Zinedine Zidane, Luca Zidane serta mantan pemain Manchester United, Bebe. Kiprah striker berusia 33 tahun sekaligus kapten Vallecano, Oscar Trejo juga tidak dapat disepelekan.

Pelatih: Andoni Iraola

Stadion: Campo de Futbol de Vallecas

Kapten: Oscar Trejo

Pemain-pemain Kunci: Oscar Trejo, Bebe, Luca Zidane, Isi Palazon, Antonio Cortes, Catena

Breaking News LaLiga Trivia Sepak Bola Mallorca Real Mallorca Rayo Vallecano Espanyol RCD Espanyol
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.171

Bagikan