BolaSkor.com - LaLiga 2022-2023 akan mulai bergulir pada 12 Agustus mendatang. Sebelum momen itu tiba, ada baiknya kita mengenal lebih dekat tim-tim promosi.

Seperti musim-musim sebelumnya, LaLiga 2022-2023 akan diikuti 20 tim peserta. Tiga di antaranya berstatus pendatang baru dari divisi Segunda.

Tiga tim promosi yang dimaksud adalah Almeria, Real Valladolid, dan Girona. Ketiga klub tersebut sudah pernah berlaga di LaLiga sebelumnya.

Baca Juga:

Koneksi Kakek-Cucu dalam Sejarah LaLiga

Presiden LaLiga Bicara Kendala Barcelona untuk Daftarkan Rekrutan Anyar

Daftar Pelari Tercepat dan Terjauh di LaLiga

BolaSkor.com akan menjabarkan secara singkat profil tiga tim promosi LaLiga 2022-2023. Berikut ini ulasan lengkapnya:

1. Almeria

Kandang: Estadio de los Juegos Mediterraneos

Pelatih: Rubi

Kapten: Cesar de la Hoz

Almeria sukses promosi ke LaLiga usai menjuarai divisi Segunda 2021-2022. Kesuksesan itu diraih dengan cara yang dramatis.

Almeria harus menunggu hingga laga terakhir untuk mengunci gelar juara. Mereka memenangi persaingan sengit dengan Real Valladolid.

Kedua tim sama-sama mengumpulkan 81 poin. Namun Almeria unggul head to head dan selisih gol.

Almeria pun mengakhiri tujuh tahun penantian untuk kembali berlaga di LaLiga. La Union tentu tak mau sekadar numpang lewat.

Keseriusan Almeria terlihat dari datangnya tujuh pemain anyar. Salah satunya adalah produk akademi Manchester United berusia 19 tahun, Martin Svidersky.


2. Real Valladolid

Kandang: Municipal Jose Zorrilla

Pelatih: Jose Rojo Martin Pacheta

Kapten: Jordi Masip

Real Valladolid hanya butuh satu tahun untuk kembali berlaga di LaLiga. Pucela bahkan nyaris menjuarai divisi Segunda 2021-2022.

Valladolid memang tampil sangat baik sepanjang musim lalu. Mereka bahkan berstatus tim paling produktif di divisi Segunda dengan koleksi 71 gol dari 42 laga.

Torehan itu menjadi modal berharga bagi Valladolid untuk berbicara banyak di LaLiga 2022-2023. Pengalaman pahit terdegradasi tentu tak mau dirasakan lagi.

Namun persiapan Valladolid menuju musim baru memang cukup mengkhawatirkan. Sejauh ini baru empat pemain anyar yang didatangkan.


3. Girona

Kandang: Municipal de Montilivi

Pelatih: Michel

Kapten: Cristhian Stuani

Girona menjadi tim terakhir yang mendapat tiket promosi ke LaLiga 2022-2023. Mereka meraihnya secara dramatis usai memenangi babak play-off.

Pada klasemen akhir divisi Segunda 2021-2022, Girona hanya finis di peringkat keenam. Itu merupakan posisi terbawah untuk berlaga di play-off.

Namun Girona kemudian menggila di fase play-off. Mereka mengalahkan Eibar dan Tenerife untuk menyegel satu tempat di LaLiga 2022-2023.

Girona kembali mencicipi sengitnya persaingan kasta tertinggi kompetisi Spanyol setelah absen tiga tahun. Tim yang bermarkas di Catalunya tersebut tentu akan berusaha untuk setidaknya tak terdegradasi lagi.

Girona sejauh ini baru mendatangkan tiga pemain anyar. Namun Cristhian Stuani hampir pasti tetap menjadi tumpuan untuk membobol gawang lawan.