Profil Stadion Piala Dunia 2022: Ahmad bin Ali Stadium, Cerminan Keindahan Gurun Pasir

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Selasa, 18 Oktober 2022
Profil Stadion Piala Dunia 2022: Ahmad bin Ali Stadium, Cerminan Keindahan Gurun Pasir
Ahmad bin Ali Stadium (Twitter FIFA)

BolaSkor.com - Edisi profil stadion yang digunakan pada Piala Dunia 2022 Qatar kembali berlanjut. Kali ini, BolaSkor akan membahas mengenai Ahmad bin Ali Stadium. Stadion tersebut mengambil inspirasi dari keindahan gurun pasir.

Ahmad bin Ali Stadium berdiri di kawasan Al Rayyan yang merupakan satu di antara kota paling megah di Qatar. Wilayah tersebut juga kental dengan sejarah sepak bola dengan keberadaan Al Rayyan SC.

Sejarah, Nama, Budaya, dan Desain

Ahmad bin Ali Stadium baru diresmikan pada 18 Desember 2020 setelah melalui proses renovasi besar-besaran. Stadion itu terletak di tepi gurun yang memiliki banyak kisah.

Sementara itu, nama stadion diambil dari penguasa kelima Qatar dan juga penyandang pertama gelar Amir, yaitu Ahmad bin Ali Al Thani. Ia dikenal sebagai pemimpin yang bijaksana.

Baca Juga:

Nostalgia Piala Dunia: Just Fontaine dan Rekor yang Bertahan Selama 60 Tahun Lebih

Kenalan dengan Yoshimi Yamashita, Wasit Wanita Asal Jepang yang Pimpin Piala Dunia 2022

Tidak Ada Topeng Rey Mysterio di Piala Dunia 2022

Bentuk yang rumit menjadi cerminan keindahan bukit pasir. Sementara itu, pola geometris diambil dari keindahan gurun, flora, fauna, dan perdagangan lokal plus internasional.

Dalam proses pembangunan, dipertahankan sekitar 80 persen dari bangunan sebelumnya. Pohon-pohon yang sudah tumbuh juga dijaga agar tidak ditebang.

Teknologi dan Kapasitas

Fasilitas yang ditawarkan kawasan sekitar Ahmad bin Ali Stadium sangat beragam. Fasilitas olahraga selain sepak bola juga tersedia seperti tenis, skate park, lintasan atletik, pusat olahraga air, dan taman bermain anak.

Kapasitas Ahmad bin Ali Stadium juga mengalami penambahan pada saat renovasi. Sebelumnya, stadion itu bisa dihuni hingga 21.000 penonton. Kini, Ahmad bin Ali Stadium bisa ditempati hingga 40.000 suporter.

Jadwal Pertandingan di Ahmad bin Ali Stadium

Menurut jadwal, ada tujuh pertandingan yang akan dilangsungkan di stadion ini. Enam di antaranya merupakan duel pada babak grup. Inggris dan Belgia adalah dua tim besar yang mendapatkan kesempatan beraksi di Ahmad bin Ali Stadium.

21 November Grup B: Amerika Serikat vs Wales
23 November Grup F: Belgia vs Kanada
25 November Grup B: Wales vs Iran
27 November Grup B: Jepang vs Kosta Rika
29 November Grup B: Wales vs Inggris
1 Desember Grup F: Kroasia vs Belgia
3 Desember Babak 16 besar: 1C vs 2D

Ahmad bin Ali Stadium Piala dunia 2022 Breaking News Profil Stadion Piala Dunia 2022
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.515

Bagikan