BolaSkor.com - Menyambut gelaran Piala Dunia 2022 yang segera dimulai, BolaSkor.com coba memperkenalkan lebih dekat venue yang akan digunakan untuk ajang ini. Kali ini giliran Al Janoub Stadium yang akan dibahas.

Qatar selaku tuan rumah Piala Dunia 2022 membuat sejumlah gebrakan dan terobosan demi menyukseskan ajang ini. Salah satu buktinya ditunjukkan lewat desain-desain unik stadion yang akan digunakan.

Al Janoub Stadium terletak di selatan kota Al Wakrah. Ini merupakan salah satu daerah tertua Qatar yang masih berpenghuni.

Baca Juga:

Mike Maignan Belum Menyerah untuk Tampil di Piala Dunia 2022

Jerman dan 3 Calon Juara yang Berpeluang Angkat Koper pada Babak Grup Piala Dunia 2022

Ancaman Pencurian Data dan Mata-Mata pada Piala Dunia 2022

Untuk lebih mengenal Al Janoub Stadium lebih jauh, mari menyempatkan waktu untuk membaca ulasan berikut ini.

Sejarah, Nama, Budaya, dan Desain

Kota Al Wakrah sarat akan sejarah. Dahulu, mata pencaharian penduduk di sini adalah pelaut atau nelayan.

Selama berabad-abad, mereka berlayar melewati perairan teluk dan kembali dengan membawa hasil laut. Daerah ini dulunya juga menjadi penghasil mutiara.

Kisah tersebut menjadi latar belakang desain Al Janoub Stadium. Bagian luar Stadion ini dibentuk menyerupai layar dari perahu tradisional Qatar bernama Dhrow.

Proses pembuatan stadion ini berlangsung selama lima tahun dari 2014 hingga 2019. Al Janoub Stadium dirancang oleh AECOM dan Zaha Hadid Architects.

Stadion ini resmi dibuka pada 16 Mei 2019. Momennya bertepatan dengan saat menjadi tuan rumah laga final Piala Amir 2019.

Teknologi dan Kapasitas

Desain unik Al Janoub Stadium diiringi juga dengan teknologi canggih di dalamnya. Salah satu yang paling menonjol adalah hadirnya atap buka-tutup.

Teknologi ini memungkinkan pertandingan digelar dalam kondisi apa pun. Suhu di dalam stadion juga lebih mudah diatur dengan sistem pendingin yang inovatif.

Al Janoub Stadium memiliki kapasitas 40 ribu tempat duduk. Namun usai Piala Dunia 2022, jumlahnya akan dikurangi menjadi 20 ribu tempat duduk saja.

Jadwal Pertandingan di Al Janoub Stadium

Stadion ini mendapat jatah untuk menggelar tujuh pertandingan pada Piala Dunia 2022. Rinciannya adalah enam laga fase grup dan satu pertandingan dari babak 16 besar.

Fase Grup

22 November 2022: Prancis vs Australia (Grup D)
24 November 2022: Swiss vs Kamerun (Grup G)
26 November 2022: Tunisia vs Australia (Grup D)
28 November 2022: Kamerun vs Serbia (Grup G)
30 November 202: Australia vs Denmark (Grup D)
2 Desember 2022: Ghana vs Uruguay (Grup H)

Fase Gugur

5 Desember 2022: Juara Grup E vs Runner up Grup F (Babak 16 Besar)