Profil Stadion Piala Dunia 2022: Education City Stadium, Dominasi Arsitektur Islam

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 12 Oktober 2022
Profil Stadion Piala Dunia 2022: Education City Stadium, Dominasi Arsitektur Islam
Education City Stadium (Twitter)

BolaSkor.com - Menyambut gelaran Piala Dunia 2022, BolaSkor.com coba memperkenalkan lebih dekat venue yang akan digunakan untuk ajang ini. Kali ini giliran Education City Stadium yang akan dibahas.

Education City Stadium merupakan salah satu dari dua stadion yang terletak di wilayah kotamadya Al Rayyan. Jaraknya hanya 13 km dari Doha.

Baca Juga:

Nostalgia Piala Dunia: Just Fontaine dan Rekor yang Bertahan Selama 60 Tahun Lebih

Kenalan dengan Yoshimi Yamashita, Wasit Wanita Asal Jepang yang Pimpin Piala Dunia 2022

Tidak Ada Topeng Rey Mysterio di Piala Dunia 2022

Untuk lebih mengenal Education City Stadium lebih jauh, ada baiknya membaca ulasan berikut ini.

Sejarah, Nama, Budaya, dan Desain

Education City merupakan sebuah wilayah yang menampung berbagai fasilitas pendidikan termasuk kampus satelit dari delapan universitas internasional. Wilayah ini dikembangkan oleh Qatar Foundation mulai tahun 1997.

Dalam lima tahun terakhir, wilayah Education City berkembang dan berubah menjadi lebih modern dengan adanya berbagai fasilitas penunjang termasuk hotel-hotel bintang lima.

Education City Stadium sendiri merupakan salah satu stadion baru yang dibangun khusus untuk menyelenggarakan Piala Dunia 2022. Proses pembuatannya memakan waktu sekitar empat tahun yaitu dari 2016 hingga 2020.

Education City Stadium resmi dibuka pada Juni 2020. Acara perkenalannya diisi dengan memberikan penghormatan secara virtual kepada tenaga medis yang menjadi garda terdepan selama pandemi virus corona.

Desain bagian luar Education City Stadium menampilkan segitiga yang membentuk pola geometris seperti berlian. Itu sesuai filosofi stadion ini yang mewakili kualitas dan ketahanan untuk menjadi sesuatu yang berharga.

Education City Stadium diarsiteki oleh Fenwick-Iribarren Architects and Pattern Design. Stadion ini juga telah mendapatkan sertifikasi Global Sustainability Assessment System (GSAS).

Teknologi dan Kapasitas

Desain geometris berbentuk berlian di bagian luar stadion bukannya tanpa fungsi. Bentuk ini nyatanya diusung untuk mendukung struktur stadion.

Bagian luar stadion ini juga akan berkilau mengikuti gerak matahari sepanjang hari melintasi langit. Sementara pada malam hari, teknologi cahaya digital membuat Education City Stadium tetap berkilau layaknya berlian.

Bentuk geometris itu berfungsi sebagai lubang atau saluran untuk melancarkan sirkulasi udara. Tujuannya jelas untuk mengatur suhu di dalam stadion.

Education City Stadium sendiri memiliki kapasitas 40 ribu tempat duduk. Usai gelaran Piala Dunia 2022, stadion ini juga akan beralih fungsi menjadi salah satu fasilitas pendidikan seperti tempat upacara kelulusan, penyelenggaraan acara, hingga ruang kelas.

Jadwal Pertandingan di Education City Stadium

Stadion ini mendapat jatah untuk menggelar tujuh pertandingan pada Piala Dunia 2022. Lima pertandingan fase grup, satu laga babak 16 besar, dan satu laga perempat final.

Fase Grup

22 November 2022: Denmark vs Tunisia (Grup D)
24 November 2022: Uruguay vs Korea Selatan (Grup H)
26 November 2022: Polandia vs Arab Saudi (Grup C)
28 November 2022: Korea Selatan vs Ghana (Grup H)
30 November 2022: Tunisia vs Perancis (Grup D)

Fase Gugur

6 Desember 2022: Juara Grup F vs Runner-up Grup E (16 besar)
9 Desember 2022: Perempat final

Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Profil Stadion Piala Dunia 2022 Breaking News Education City Stadium
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan