BolaSkor.com - Allianz Arena adalah stadion sepak bola di Munchen, Bavaria, Jerman, dengan kapasitas mencapai 70.000 untuk pertandingan internasional dan 75.000 untuk laga domestik. Stadion tersebut dikenal dengan gemerlapnya ketika matahari terbenam.

Allianz Arena cukup unik karena memiliki eksterior berupa panel plastik ETFE yang digelembungkan. Selain itu, Allianz Arena merupakan stadion pertama di dunia dengan eksterior yang bisa berubah warna sepenuhnya.

Tak heran, ketika pertandingan di malam hari, Allianz Arena terlihat cantik dengan cahaya yang merona dari sekujur badannya. Tak hanya menyajikan pertandingan cantik di dalam lapangan, tetapi Allianz Arena juga punya nilai jual bila dilihat dari luar.

Baca Juga:

Profil Stadion Piala Eropa 2020: Wembley, Arena Bermain Para Raja

Profil Stadion Piala Eropa 2020: Hampden Park, Mantan Pemegang Rekor Dunia

Profil Stadion Piala Eropa 2020: Arena Nationala di Little Paris

Allianz Arena

Penyedia jasa keuangan, Allianz, membeli hak penamaan stadion selama 30 tahun. Namun, nama Allianz Arena tidak bisa digunakan pada laga FIFA dan UEFA. Oleh karena itu, dalam beberapa kesempatan, Allianz Arena sempat berubah nama menjadi FIFA WM-Stadion Munchen dan Fußball Arena Munchen

Allianz Arena memiliki julukan Schlauchboot atau yang berarti perahu kecil. Julukan tersebut diambil dari bentuk stadion yang menyerupai sekoci.

Sejarah Stadion

Munchen menghadapi hari penting terkait nasib sepak bola di kota tersebut. Oleh karena itu, pemerintah mengadakan pemilihan pada 21 Oktober 2002 untuk menentukan apakah stadion anyar harus dibangun di lokasi yang sama atau pemerintah harus menyediakan infrastruktur lain.

Pada akhirnya, Firma arsitek Swiss Herzog & de Meuron kemudian mengembangkan konsep stadion dengan eksterior tembus pandang yang terbuat dari panel ETFE-foil yang dapat menyala dari dalam dan dapat membersihkan sendiri. Konstruksi dimulai pada akhir 2002 dan selesai pada akhir April 2005.

Dalam pembangunan stadion juga sempat diwarnai korupsi. Sejumlah pejabat terbukti mengambil sebagian uang dari proyek pembangunan.

Pada sisi lain, kepergian TSV 1860 Munchen dari Allianz Arena karena terdegradasi membuat Bayern Munchen semakin leluasa melakukan perombakan. Die Roten mengganti kursi menjadi warna merah dan putih yang identik dengan klub. Selain itu, Bayern juga menyematkan lambang Bayern, tulisan FC Bayern Munchen, dan moto klub: Mia San Mia.

Momen Bersejarah

Pada tanggal 30 Mei 2005, 1860 Munchen memainkan pertandingan eksibisi melawan FC Nurnberg. Tuan rumah menang dengan skor 3-2.

Keesokan harinya, Bayern Munchen melakoni duel melawan timnas Jerman. Tiket kedua pertandingan tersebut telah terjual habis sejak awal Maret 2005. Patrick Milchraum dari TSV 1860 mencetak gol resmi pertama di stadion.

Gol pertama di Allianz Arena dalam pertandingan kompetitif jatuh ke tangan Roy Makaay dari Bayern pada semifinal DFL-Ligapokal 2005, 26 Juli 2005. Sementara itu, Gol pertama dalam pertandingan Bundesliga dicetak oleh Owen Hargreaves dari Bayern ketika menang 3-0 dalam pertandingan pembuka musim Bundesliga 2005-2006 melawan Borussia Monchengladbach.

Selain itu, Allianz Arena juga pernah menjadi satu di antara stadion Piala Dunia 2006. Allianz Arena menggelar pertandingan babak grup, 16 besar, dan semifinal.

Jadwal pertandingan Piala Eropa 2020 di Allianz Arena:

Prancis vs Jerman (15 Juni)
Portugal vs Jerman (19 Juni)
Jerman vs Hongaria (23 Juni)
Perempat final: W39 vs W37 (2 Juli)