BolaSkor.com - Tim Nasional Skotlandia mungkin hanya menjadi anak bawang di percaturan sepak bola Eropa dan dunia. Namun negara Britania Raya itu punya satu hal yang bisa dibanggakan yaitu markas mereka yang terletak di Glasgow, Hampden Park.

Glasgow merupakan kota terpadat di Skotlandia. Padahal ibu kota negaranya adalah Edinburgh.

Glasgow juga bisa dibilang merupakan kota yang menjadi barometer sepak bola Skotlandia. Di sini menetap dua penguasa Liga domestik, Rangers dan Celtic.

Baca Juga:

Stephanie Frappart, Wasit Perempuan Pertama yang Tugas di Piala Eropa

Profil Stadion Piala Eropa 2020: Arena Nationala di Little Paris

Profil Stadion Piala Eropa 2020: Johan Cruijff ArenA dan Sebuah Penghormatan

Meski begitu, kesakralan Hampden Park sebagai markas Timnas Skotlandia sangat dijaga. Rangers dan Celtic tidak berkandang di sini.

Pada gelaran Piala Eropa 2020, Hampden Park mendapat kehormatan menjadi salah satu tuan rumah. Stadion ini akan menggelar tiga laga grup D dan satu pertandingan babak 16 besar.

Sejarah Stadion

Hampden Park

Hampden Park sudah berusia lebih dari 100 tahun. Stadion ini pertama kali dibuka pada 31 Oktober 1903.

Ketika itu, Hampden Park memiliki kapasitas lebih dari 100 ribu penonton. Hal tersebut membuat stadion ini memegang rekor sebagai yang terbesar di dunia.

Hampden Park juga pernah menorehkan rekor dunia untuk jumlah penonton terbanyak pada 1937 saat Skotlandia menjamu Inggris. Saat itu stadion dipenuhi 149.415 penonton.

Rekor itu akhirnya dilewati Stadion Maracana saat menggelar laga final Piala Dunia 1950. Duel yang mempertemukan Brasil dan Uruguay dihadiri 199.854 penonton.

Seiring berjalannya waktu, kapasitas Hampden Park mulai dikurangi demi menjaga keselamatan penonton. Sejumlah renovasi juga dilakukan seperti pada 1999 dan 2014 yang membuat stadion ini multifungsi untuk olahraga atletik.

Saat ini kapasitas penonton Hampden Park tinggal 51.866 tempat duduk. Namun hal tersebut tak mengurangi kesakralan stadion.

Momen Bersejarah

Gol indah Zinedine Zidane pada final Liga Champions 2002.

Event-event olahraga besar pernah berlangsung di Hampden Park. Salah satunya pesta olahraga negara persemakmuran Inggris bertajuk Commonwealth Games pada 2014 silam.

Hampden Park juga pernah menggelar laga final Liga Champions 2001-2002. Stadion ini menjadi saksi gol indah Zinedine Zidane ke gawang Bayer Leverkusen.

Lima tahun berselang, Hampden Park mendapat kehormatan menggelar partai final Piala UEFA 2006-2007. Stadion ini menjadi saksi lahirnya Sevilla sebagai raja kompetisi kasta kedua antar klub Eropa tersebut.

Jadwal Laga Piala Eropa 2020 di Hampden Park

Penyisihan grup D

Skotlandia Vs Republik Ceko (14/6)
Kroasia vs Republik Ceko (18/6)
Kroasia Vs Skotlandia (22/6)

Babak 16 Besar

Juara Grup E Vs Peringkat ketiga A/B/C/D (29/6)