Profil Stadion Piala Eropa 2020: Parken, Gelanggang Terbesar di Denmark

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 20 April 2021
Profil Stadion Piala Eropa 2020: Parken, Gelanggang Terbesar di Denmark
Stadion Parken (Twitter)

BolaSkor.com – Kawasan Skandinavia memiliki ikatan sejarah yang kuat dan kaya akan budaya serta perbedaan linguistik di Eropa. Di dalam kawasan Skandinavia itu juga ada beberapa negara pengirim pemain-pemain di liga top Eropa, seperti Swedia, Norwegia, Islandia, dan Denmark.

Nama yang disebut terakhir terpilih sebagai salah satu perwakilan negara Skandinavia yang akan menjadi tuan rumah Piala Eropa 2020. Denmark jadi tuan rumah dari grup B yang berisikan Finlandia, Belgia, dan tuan rumah lainnya Rusia.

Stadion yang digunakan untuk menghelat Piala Eropa adalah Stadion Parken. Dengan kapasitas 38.000 fans Parken merupakan stadion terbesar di Denmark, markas bagi klub terkenal dari Denmark: FC Copenhagen dan juga timnas Denmark.

Baca Juga:

Profil Stadion Piala Eropa 2020: Olimpik di Kota Angin Baku

Profil Stadion Piala Eropa 2020: Olimpico dan Kota Abadi

Delapan Tuan Rumah Siap Hadirkan Penonton Laga di Piala Eropa 2020

Stadion Parken digunakan juga oleh Copenhagen

Pelancong dari luar negeri menjadikan Parken sebagai salah satu kunjungan wisata dengan lokasinya di Per Henrik Lings Alle 2, DK-2100, Copenhagen. Selain bisa mengujingi Parken ada juga Taman Tivoli yang hanya berjarak beberapa menit dari stasiun pusat.

Di Taman Tivoli ada bangunan bersejarah, taman yang subur, dan kendaraan penuh nostalgia, khususnya di malam hari suasana di sana semakin memanjakan mata. Tivoli didirikan pada 1843 dan menjadi tempat favorit Hans Christian Andersen, penulis ternama Denmark yang meninggal dunia pada 4 Agustus 1875.

Tahukah Anda apabila Copenhagen merupakan salah satu kota paling bahagia di dunia? Ya, Copenhagen ramah lingkungan dan sangat bersahabat dengan pengendara sepeda. Lebih dari separuh warga di sana menggunakan satu sepeda setiap harinya.

Sejarah Stadion

Pemandangan Stadion Parken

Kapasitas Parken 38.000 fans namun stadion bisa menampung lebih bahkan hingga mencapai 50.000 hingga 55.000 orang jika digunakan secara maksimal. Parken masuk kategori kelas 4 di Eropa.

Parken dibangun di tempat Idraetsparken, mantan stadion timnas Denmark pada medio 1990-1992. Laga terakhir di sana terjadi pada September 1992 antara Denmark kontra Yugoslavia (kalah 0-2) di Piala Eropa 1992.

Stadion dibangun kembali oleh Baltica Finans A/S dengan jaminan kepada Asosiasi Sepak Bola Denmark bahwa seluruh laga timnas dimainkan di Parken selama 15 tahun ke depan. Perlahan setelah dibangun Parken menjadi kategori kelas 4 dan diperbolehkan menyajikan laga final sekelas Liga Europa.

Parken juga digunakan sebagai tempat konser dengan musisi-musisi ternama seperti Beyonce, Bon Jovi, Celine Dion, Coldplay, Lady Gaga, Justin Bieber, dll pernah manggung di sana. Jadi Parken sudah terkenal di seluruh dunia selain di Eropa.

Momen Bersejarah

Momen ketika Herbert Fandel diserang fans Denmark

Pada Juni 2007 di laga Kualifikasi Grup F Piala Eropa 2008 di antara dua negara Skandinavia, Swedia dan Denmark berlangsung panas di Copenhagen. Tensi tinggi laga itu pecah di menit 89 kala wasit Herbert Fandel memberi hadiah penalti kepada Swedia.

Seorang suporter Denmark masuk ke lapangan dan menyerang wasit. Apalagi sebelumnya Fandel memberi kartu merah kepada Christian Poulsen karena meninju perut striker Swedia, Markus Rosenberg. Laga dibatalkan dan UEFA memberi kemenangan 3-0 untuk Swedia.

Selain momen itu Parken juga pernah dijadikan stadion tempat Kualifikasi Piala Dunia (2006) dan Piala Eropa (2008). Rekor kehadiran di laga Liga Champions juga pecah ketika Copenhagen menghadapi Barcelona di perempat final Liga Champions 2011-2012.

Di antara laga-laga yang pernah dimainkan di sana, dua laga final Piala Winner (1994) dan Piala UEFA (format lama Liga Europa pada 2000) juga berlangsung di Parken. Dua laga itu melibatkan Arsenal.

Ironisnya Arsenal kalah 0-1 dari Parma pada 1994 dan kalah pada drama adu penalty di tahun 2000 melawan Galatasaray (1-4).

Jadwal Laga Piala Eropa 2020 di Stadio Parken

Penyisihan Grup B

Denmark vs Finlandia (12/06)
Denmark vs Belgia (17/06)
Denmark vs Rusia (21/06)

16 Besar Piala Eropa (28/06)

Piala Eropa 2020 Stadion Parken Breaking News Profil Stadion Piala Eropa 2020 Denmark Timnas denmark Copenhagen
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan