BolaSkor.com - Profil stadion Piala Eropa 2020 selanjutnya akan beralih ke Puskas Arena. Dari namanya saja, kita sudah bisa tahu dari mana inspirasi diambil.

Puskas Arena dibangun di tempat yang sama dengan Stadion Ferenc Puskas (distrik 14, Budapest, Hongaria). Pembongkaran stadion lama selesai pada Oktober 2016. Setelah itu, pembangunan mulai dilakukan pada 2017 sebelum rampung pada 2019.

Sementara itu, nama stadion merupakan penghormatan untuk legenda sepak bola dunia, Ferenc Puskas, yang berasal dari Hongaria. Ketika membela Budapest Honved dan Real Madrid, Puskas mencetak 512 gol dalam 528 laga.

Baca Juga:

Profil Stadion Piala Eropa 2020: Wembley, Arena Bermain Para Raja

Profil Stadion Piala Eropa 2020: Hampden Park, Mantan Pemegang Rekor Dunia

Profil Stadion Piala Eropa 2020: Arena Nationala di Little Paris

Puskas Arena

Produktivitas sang legenda juga bisa dilihat pada level tim nasional. Puskas mengemas 84 gol hanya dalam 85 laga. Itu artinya, Puskas nyaris mencetak satu gol dalam setiap laga.

Atas torehannya tersebut, nama Puskas pun dijadikan FIFA sebagai penghargaan gol terbaik sepanjang tahun. Sejak 2009, penghargaan tersebut digelar bersamaan dengan Ballon d'Or.

Sejarah Stadion

Biaya pembangunan Puskas Arena sudah dianggarkan sejak 2011. Ketika itu, angka yang diusulkan adalah 35 miliar forint Hongaria. Namun, pada pertengahan 2014, Laszlo Vigh mengatakan pembangunan stadion akan memakan banyak biaya hingga mencapai 90 sampai 100 miliar forint Hongaria.

Akhirnya, pada 2014, Nemzeti Sport Kozpont selaku pihak yang mengurus olahraga nasional Hongaria mempresentasikan visi akhir dari stadion baru. Sementara itu, Gyorgy Skardelli ditunjuk sebagai arsitek.

Tiga tahun berselang, perwakilan pemerintah, Janos Lazar, mengungkapkan biaya membengkak menjadi 190 miliar forint Hongaria. Biaya tersebut lebih mahal dari pembangunan stadion dengan kapasitas serupa seperti Allianz Arena dan Emirates.

Menariknya, meski memiliki kapasitas hingga 67.215 orang, tetapi Puskas Arena hanya memiliki 500 parkiran mobil. Oleh karena itu, apabila Anda tertarik menonton langsung pertandingan Piala Eropa 2020 di sana, lebih baik menggunakan angkutan umum.

Momen Bersejarah

Puskas Arena memiliki beberapa momen bersejarah. Sebagai awalan tentu saja adalah laga pembuka stadion yang mempertemukan Hongaria melawan Uruguay pada 15 November 2019. Sayangnya, tuan rumah kalah dengan skor tipis 1-2.

Selain itu, UEFA juga menunjuk Puskas Arena sebagai panggung beberapa duel Liga Champions musim ini, setelah beberapa tim tidak bisa berkandang atau tandang ke suatu negara karena adanya peraturan pendemi virus corona.

Peserta Liga Champions yang pernah merasakan bermain di rumput Puskas Arena adalah RB Leipzig, Liverpool, Manchester City, dan Borussia Monchengladbach. Selain itu, dari Liga Europa ada Wolfsberg, Tottenham Hotspur, Molde, dan Granada.

Puskas Arena juga pernah menjadi saksi kemenangan Bayern Munchen melawan Sevilla pada duel Piala Super Eropa. Die Roten unggul dengan skor 2-1.

Jadwal Piala Eropa 2020 di Puskas Arena

Hongaria vs Portugal (15 Juni)
Hongaria vs Prancis (19 Juni)
Portugal vs Prancis (23 Juni)
Babak 16 Besar: 1C vs 3D / E / F (27 Juni)