BolaSkor.com - Que sera sera, Whatever will be will be, We're going to Wembley, Que sera sera. Chant tersebut biasa dinyanyikan suporter Inggris saat klubnya akan tampil di Stadion Wembley.

Tampil di Wembley memang momen istimewa bagi para pesepak bola Inggris. Stadion ini seperti disiapkan menjadi arena pertempuran para juara.

Terbukti, Stadion Wembley biasa dipakai untuk menggelar laga-laga penentuan juara seperti semifinal dan final Piala FA, final Piala Liga, final play-off Championship, hingga final Liga Champions.

Baca Juga:

Stephanie Frappart, Wasit Perempuan Pertama yang Tugas di Piala Eropa

Profil Stadion Piala Eropa 2020: Arena Nationala di Little Paris

Profil Stadion Piala Eropa 2020: Johan Cruijff ArenA dan Sebuah Penghormatan

Wembley bahkan menjadi satu-satunya stadion yang menggelar final Liga Champions terbanyak. Total sudah tujuh kali duel untuk menentukan klub terbaik Eropa dihelat di sana.

Wembley memang punya sejarah panjang dalam sejarah sepak bola Eropa. Hal itu juga yang membuat UEFA memberi kehormatan menjadikan stadion ini sebagai venue semifinal dan final Piala Eropa 2020.

Sejarah Stadion

Stadion Wembley

Wembley pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1923. Sebelumnya, stadion ini merupakan sarana eksebisi dan tempat keluarga kerajaan Inggris melakukan kegiatan di luar ruangan.

Dua menara kembar yang terletak di gerbang utama menjadi trademark Wembley. Stadion ini kemudian juga menjadi markas Timnas Inggris dalam menjamu lawan-lawannya.

Pada tahun 2000, Wembley harus ditutup sementara. Renovasi besar-besaran harus dilakukan demi membuat stadion ini tidak rapuh dimakan zaman.

Proses renovasi berlangsung selama empat tahun dari 2003 hingga 2007. Durasi waktu itu lebih lama setahun dari rencana awal karena adanya kesalahan konstruksi.

New Wembley menghilangkan bangunan dua menara kembar. Sebagai gantinya, lengkungan baja setinggi 140 meter yang mengitari stadion menjadi trademark baru stadion ini.

Kapasitas New Wembley mencapai 90 ribu tempat duduk. Stadion ini resmi menyandang status sebagai yang terbesar di Inggris.

Momen Bersejarah

Inggris juara Piala Dunia 1966 di Stadion Wembley

Seperti sudah disebutkan di atas, Wembley kerap menggelar laga-laga akbar sepak bola mulai dari level domestik hingga internasional. Tujuh final Liga Champions hanya salah satu contohnya saja.

Jika harus memilih momen paling bersejarah di Wembley, tentu final Piala Dunia 1966 patut diutamakan. Inggris untuk pertama dan terakhir mampu merebut gelar juara dunia.

Pada laga final, Inggris bertemu Jerman Barat pada 30 Juli 1966. Lewat perpanjangan waktu, The Three Lions sukses meredam perlawanan musuh bebuyutannya tersebut dengan skor 4-2.

Jadwal Piala Eropa 2020 di Stadion Wembley

Penyisihan Grup D

Inggris Vs Kroasia (13/6)
Inggris Vs Skotlandia )18/6)
Republik Ceko Vs Inggris (22/6)

Babak 16 Besar

A1 Vs C2 (26/6)

DI Vs F2 (29/6)

Semifinal 1 (6/7)
Semifinal 2 (7/7)

Final (11/7)