BolaSkor.com - Krisis bek tengah menjadi alasan utama merosotnya performa Liverpool sepanjang musim 2020-2021. The Reds bahkan terancam absen dari Liga Champions karena masih berada di luar empat besar dengan dua laga tersisa.

Liverpool kehilangan Virgil van Dijk, Joel Matip, dan Joe Gomez selama lebih dari setengah musim. Ketiganya secara bergantian mengalami cedera parah dan harus absen dalam waktu lama.

Kondisi ini memaksa Klub mengubah sementara posisi Fabinho dan Jordan Henderson. Kedua gelandang tersebut sempat berduet di lini pertahanan.

Baca Juga:

Perjalanan Brendan Rodgers, dari Operator Forklift Jadi Pemenang Titel Piala FA

'Melawan Arus' ala Phil Foden di Manchester City

Profil Anthony Elanga, Produk Akademi Man United Terbaru yang Siap Diorbitkan

Klopp coba berbenah dengan mendatangkan dua bek tengah darurat pada bursa transfer musim dingin. Kedua pemain yang dimaksud adalah Ozan Kabak dan Ben Davies.

Namun kehadiran dua pemain tersebut tak berpengaruh banyak. Kabak masih kesulitan beradaptasi dengan gaya sepak bola Inggris, sementara Davies belum mendapat kesempatan tampil.

Tak heran jika Klopp berniat mencari bek tengah baru pada musim panas nanti. Langkah ini sebagai antisipasi dari molornya masa pemulihan cedera ketiga bek tengah utamanya.

Nama Sven Botman kemudian muncul sebagai target utama Liverpool. Merseyside Merah bahkan sudah memantaunya sejak Januari lalu.

Siapa Botman?

Nama Botman tentu masih terdengar asing di telinga pecinta sepak bola. Hal itu wajar karena pemain berusia 21 tahun tersebut saat ini hanya bermain di Ligue 1 bersama Lille.

Namun bukan berarti Botman bukan pemain yang istimewa. Ia merupakan salah satu jebolan akademi Ajax Amsterdam.

Sven Botman

Meski kini berkarier di Prancis, Botman adalah pemain berkebangsaan Belanda. Ia sudah masuk akademi Ajax sejak 2009 atau ketika usianya menginjak sembilan tahun.

Botman merupakan rekan seangkatan Sergino Dest, Ryan Gravenberch dan Mitchel Bakker. Namun ia gagal menembus tim utama Ajax dan dipinjamkan ke Heerenveen pada musim panas 2019.

Bersama, Heerenveen, penampilan Botman sebenarnya cukup meyakinkan. Ia tampil sebanyak 30 kali sepanjang musim 2019-2020 dan menyumbang dua gol serta empat assist.

Namun torehan itu tak membuat petinggi Ajax terkesan. Raksasa Belanda tersebut justru menjual Botman ke Lille dengan biaya delapan juta euro jelang bergulirnya musim 2020-2021.

Keputusan itu tampaknya akan membuat Ajax menyesal. Performa Botman kian berkembang bersama Lille. Ia bahkan menjadi salah satu pemain kunci timnya untuk mematahkan dominasi Paris Saint-Germain (PSG) di Ligue 1.

Lille hanya butuh menang pada laga terakhir untuk mewujudkan hal tersebut. Saat ini tim asuhan Christophe Galtier unggul dua poin dari PSG.

Sven Botman menjadi andalan Lille di lini pertahanan.

Salah satu bukti pentingnya peran Botman terlihat dari status Lille sebagai tim yang paling sedikit kebobolan di Ligue 1. Mereka baru kebobolan 22 gol dari 37 laga.

Dari jumlah pertandingan yang sudah dimainkan Lille, Botman hanya absen satu kali. Sebuah kepercayaan besar yang dibebankan kepada pemain berusia muda seperti dirinya.

Botman juga menjadi salah satu pemain yang berpeluang mewakili Belanda di Piala Eropa 2020 mendatang. Pemain kelahiran Badhoevedorp itu sudah sempat dipanggil ke timnas senior meski belum diberi kesempatan melakoni debut.

Gaya bermain

Botman memiliki banyak atribut untuk menjadi bek tengah kelas dunia. Postur tubuh yang mencapai 193 cm menjadi salah satunya.

Selain itu, Botman juga punya karakter sebagai bek tengah modern. Ia memiliki penguasaan bola di atas rata-rata dan kualitas operan yang akurat.

Wajar jika Liverpool berminat kepada Botman. Ia memiliki banyak kemiripan dengan Van Dijk.