BolaSkor.com - Setelah menjadi kampiun pada Piala Eropa 2016, kini tim nasional Portugal berambisi menjadi yang terbaik di dunia dengan memenangi Piala Dunia 2018. Bermaterikan pemain kelas satu, tim Samba-nya Eropa tersebut berpeluang mencatat sejarah.

Portugal lolos ke Rusia setelah menjadi juara Grup B Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa. Joao Mario dan kawan-kawan mengakhiri babak kualifikasi dengan mendulang poin yang sama dengan Swiss, 27, namun unggul jumlah produtivitas gol.

Spesialnya, Portugal hanya kalah pada laga pembuka ketika melawan Swiss. Adapun sembilan laga lainnya berakhir dengan poin sempurna.

Saat ini, skuat Portugal dihuni oleh sebagian besar pemain yang berlaga di Piala Eropa 2016. Pepe, Joao Mario, Ricardo Quaresma hingga Nani menghiasi daftar skuat sementara yang akan diboyong ke Rusia.

Satu di antara kekuatan Portugal adalah kekompakan tim dan serangan balik cepat. Portugal memiliki pemain yang sudah paham betul dengan keinginan rekan satu timnya.

Selain itu, didukung dengan winger cepat dari kedua sisi, Cristiano Ronaldo menjadi ancaman yang sangat berbahaya bagi tim lawan. Sementara itu, peran Pepe di sektor belakang membuat The Seleccao akan sulit ditembus.

Lawan terberat bagi Portugal di Grup B adalah Spanyol. Adapun Maroco dan Iran di atas kertas akan mampu dikalahkan dengan mudah. Jadi, jika mampu meraih poin sempurna ketika meladeni Spanyol, Portugal berpeluang keluar sebagai juara grup. Pencapaian itu bisa menjadi keuntungan untuk menghindari tim kuat pada fase gugur.

Meski kerap dipandang sebelah mata, bermodalkan kemampuan individu yang mumpuni ala Amerika Selatan dan fisik serta taktik Eropa, Portugal dapat membuat kejutan layaknya Piala Eropa 2016. Apalagi, Cristiano Ronaldo sedang dalam satu di antara musim terbaiknya.