BolaSkor.com- Piala Dunia 2018 menjadi kali kelima Kroasi berpartisipasi pada kompetisi antar negara di seluruh belahan dunia tersebut. Kroasia bukan tak pernah menjadi tim unggulan, tetapi penampilannya pada ajang empat tahunan itu selalu ditunggu penggila sepak bola.

Kroasia pertama kali tampil pada Piala Dunia 1998. Itu setelah Kroasia memastikan diri keluar dari Yugoslavia dan menjadi negara merdeka.

Saat masih tergabung dalam negara kesatuan Yugoslavia, pemain asal Kroasia memang selalu menghuni skuat utama. Dibanding kelima negara lain seperti Serbia, Montengero, Bosnia, Macedonia, dan Slovenia, langkah Kroasia termasuk yang paling cepat dan mengejutkan pada Piala Dunia.

Pada ajang debutnya, Kroasia langsung memberikan kejutan dengan merebut peringkat ketiga. Davor Suker bahkan didapuk menjadi pencetak skor terbanyak dengan raihan enam gol.

Namun, setelah itu Kroasia justru gagal lolos dalam dua Piala Dunia berikutnya pada 2002 dan 2006. Kroasia juga kembali absen pada Piala Dunia 2010 dan baru tampil lagi saat pesta sepak bola dunia itu hadir di Brasil pada 2014.