Profil Tim Liga 1 2018: Bali United

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Minggu, 18 Maret 2018
Profil Tim Liga 1 2018: Bali United
Bali United. (BolaSkor.com/Desain Grafis)

BolaSkor.com - Bali United merupakan salah satu klub baru di dunia persepakbolaan Tanah Air. Bali United awalnya merupakan klub Putra Samarinda.

Klub ini bermarkas di Samarinda dan sudah eksis sejak tahun 1989. Putra Samarinda berkompetisi sejak era Galatama. Kemudian, sejak peleburan Perserikatan dan Galatama menjadi Liga Indonesia, Putra Samarinda tetap menunjukkan eksistensinya.

Putra Samarinda mengalami kesulitan keuangan sejak Liga Indonesia terbentuk. Pada tahun 2003, Putra Samarinda dan Persisam, klub yang didanai oleh APBD Samarinda ini bergabung untuk membentuk Persisam Putra Samarinda.

Pada 2008/2009, Persisam Putra Samarinda menang Divisi Utama dan berhak promosi ke Indonesia Super League (ISL). Perpecahan Persisam Putra Samarinda terjadi pada tahun 2014.

Untuk meningkatkan daya jual dan prestasi, manajemen Persisam Putra Samarinda menyatakan berubah nama menjadi Bali United F C. Oleh karena itu, tim pindah dari Samarinda, Kalimantan Timur ke Gianyar, Bali.

Sedangkan, pendukung Persisam Putra Samarinda tidak puas dengan keputusan manajemen klub, hingga memutuskan membentuk klub baru. Mereka membeli lisensi klub Perseba Super Bangkalan agar bisa langsung berlaga di kompetisi Indonesia musim itu. Mereka membentuk Pusamania Borneo FC, yang kemudian hanya menggunakan nama Borneo FC.

Kiprah Bali United di kancah kasta tertinggi kompetisi sepak bola Indonesia, hanya seumur jagung. Pasalnya, ISL 2015 terhenti akibat konflik sepak bola nasional.

Kemudian, Bali United mengikuti sejumlah turnamen seperti Piala Presiden 2015 hingga Piala Jenderal Sudirman 2015. Setahun berikutnya, Bali United mengikuti Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016. Tim berjuluk Serdadu Tridatu itu hanya finis di urutan ke-12 dengan perolehan 40 poin dari 34 laga.

Saat kompetisi resmi Liga 1 2017, Bali United menjelma menjadi tim menakutkan. Serdadu Tridatu finis sebagai runner-up Liga 1 2017, hanya kalah head to head dari sang juara Bhayangkara FC.

Kini, Bali United menatap Liga 1 2018 dengan penuh optimisme. Masih di bawah kendali Widodo Cahyono Putro sebagai pelatih, Bali United siap menebus kegagalan menjadi juara di Liga 1 2018. Sejumlah pemain kelas wahid didatangkan manajemen tim Serdadu Tridatu.

Bali United Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.859

Bagikan