Profil Tim Liga 1 2018: Bhayangkara FC

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 15 Maret 2018
Profil Tim Liga 1 2018: Bhayangkara FC
Bhayangkara FC. (BolaSkor.com/Desain Grafis)

BolaSkor.com - Bhayangkara FC dikatakan sebagai tim bayi ajaib. Pada keikutsertaan perdananya di kompetisi resmi, Bhayangkara FC langsung menyabet gelar Liga 1 2017.

Bhayangkara FC sejatinya merupakan tim hasil merger antara Surabaya United dengan PS POLRI pada tahun 2016 lalu. Saat beraksi di turnamen Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 lalu, Bhayangkara FC mampu menduduki peringkat tujuh.

Pengelolaan Bhayangkara FC dilakukan PT Mitra Muda Inti Berlian (MMIB) yang saham mayoritasnya dimiliki Koperasi Zebra Jaya. Soal kandang, Bhayangkara FC sempat memakai Stadion Delta Sidoarjo pada 2016. Namun tahun berikutnya pindah ke Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi. Musim ini, Bhayangkara FC akan kembali ke Sidoarjo, setelah Stadion Patriot digunakan sebagai ajang Asian Games 2018.

Sosok Simon McMenemy tak bisa dilepaskan dari keberhasilan mencatatkan prestasi gemilang. Pelatih asal Inggris itu mampu memadukan skuat muda dan senior. Saat TSC 2016 lalu, Bhayangkara FC meraih 15 kemenangan dari 34 laga dengan koleksi 54 poin. Sementara pada Liga 1 2017, Bhayangkara FC mencatatkan 22 kemenangan dari 34 laga dengan koleksi 68 poin.

Dengan status sebagai juara bertahan, Bhayangkara FC musim ini harus berjuang keras. Apalagi ada tiga sosok penting yang sudah tidak jadi bagian tim Bhayangkara FC. Mulai Evan Dimas Darmono dan Ilham Udin Armayn yang gabung Selangor FA, serta Ilija Spasojevic ke Bali United.

Peran ketiga pemain itu pada musim lalu begitu vital. Evan menjadi penyuplai bola ke sektor depan. Ilham dengan kecepatannya kerap merepotkan barisan belakang lawan. Lalu Spaso menjadi penyerang tajam dengan sumbangan 12 gol dari 16 pertandingan.

Hilangnya ketiga pemain itu sudah terasa pada masa pramusim. Setelah langkahnya terhenti di fase grup pada ajang Piala Presiden 2018, Bhayangkara FC juga dua kali kalah dari klub Liga 2 saat uji coba, yakni Persita Tangerang 0-2 dan Persis Solo 0-1. Kondisi itu juga berlanjut pada ajang Jakajaya 2018. Tiga pertandingan yang dilakoni Bhayangkara FC berakhir dengan kekalahan. Mulai kalah 1-2 dengan Barito Putera, kalah 0-1 dari Persipura Jayapura, dan kalah 0-1 dari Persela Lamongan.

Kehadiran pemain baru seperti Herman Dzumafo Epandi, Vladimir Vujovic hingga David da Silva masih belum berpengaruh. Bhayangkara FC agaknya masih butuh waktu untuk memadukan antara skuat musim lalu dengan pendatang musim ini. Selain itu, mereka juga wajib mencari pemain dengan fungsi sepenting Evan Dimas di sektor tengah.

Bhayangkara FC Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.017

Bagikan