BolaSkor.com - Mitra Kukar adalah salah satu klub sepak bola yang akan mengisi persaingan di Liga 1 2018. Klub ini bermarkas di Stadion GOR Aji Imbut yang terletak di kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

Mitra Kukar yang dikenal saat ini tak lain adalah klub hasil metamorfosis panjang dari NIAC Mitra yang merupakan klub dengan prestasi mentereng pada masa Galatama. Didirikan oleh seorang pengusaha, Alexander Wenas pada 16 Agustus 1978 dengan nama PS Mitra yang kala itu bermain dalam kompetisi internal Persebaya Surabaya.

Nama NIAC Mitra mulai dipakai saat bermain di Galatama pertama tahun 1979. NIAC sendiri adalah kepanjangan dari New International Amusement Center yang tak lain adalah nama gedung bioskop milik pendiri klub.

Di era Galatama, NIAC Mitra pernah 3 kali meraih juara, yaitu pada musim 1982, 1983 dan 1987. Bahkan di masa jayanya, NIAC Mitra pernah mengalahkan Arsenal yang tengah menggelar tour Asia dengan skor 2-0 di Stadion 10 November, pada 16 Juni 1983.

Habis masa jayanya, klub ini mulai berganti nama, markas dan juga pemilik. Di mulai dari Mitra Surabaya yang bermain di Divisi Utama di bawah pimpinan Jawa Pos, Dahlan Iskan. Mitra Surabaya kemudian degradasi ke Divisi I pada musim 1999, dan dibeli pemilik Barito Putra, H Sulaiman HB. Di bawah kepemilikan H Sulaiman, klub ini kembali berubah nama menjadi Mitra Kalteng Putra.

Nama Mitra Kukar resmi mereka gunakan saat berkompetisi di Divisi II Liga Indonesia musim 2003 setelah terdegradasi dimusim sebelumnya. Di bawah manajemen yang saat itu diketuai H Suryanto Anwar, klub ini kembali memindahkan markas mereka dari Palangkaraya, Kalimantan Tengah ke Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur hingga saat ini.

Sejak berubah nama menjadi Mitra Kukar, klub ini memiliki ambisi besar untuk mengulangi kejayaannya di sepak bola Indonesia. Pelatih-pelatih berkelas seperti Ivan Kolev (2006), Benny Dolo (2010/2011) dan Simon McMenemy (2011/2012) pernah menangani tim ini.

Di musim 2017, tim berjuluk Naga Mekes ini finis di urutan 10 klasemen dengan koleksi 43 poin. Prestasi terbaiknya di ISL 2012/2013, ketika finis di posisi ketiga klasemen akhir. Meski begitu Mitra Kukar pernah menjuarai beberapa turnamen bergengsi di Tanah Air, seperti Piala Jendral Soedirman (2013) dan Piala Gubernur Kalsel III (2008).

Di musim 2018 ini, pihak manajemen tim mematok target masuk lima besar di klasemen akhir. Perombakan tim pun dilakukan untuk mewujudkan target tersebut, termasuk mengganti seluruh pemain asingnya musim lalu, di antaranya eks Liverpool dan Juventus, Mohammed Sissoko, dan juga top skor tim Marclei Santos.