Profil Tim Liga 1 2018: Persija Jakarta

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 20 Maret 2018
Profil Tim Liga 1 2018: Persija Jakarta
Skuat Persija Jakarta. (BolaSkor.com/Desain Grafis)

BolaSkor.com - Persija atau Persatuan Sepak Bola Indonesia Jakarta merupakan klub tersukses di kompetisi nasional sejak era Perserikatan. Skuat berjuluk Macan Kemayoran sejauh ini sudah mengantongi 10 gelar.

Jumlah gelarnya lebih banyak dari Persebaya Surabaya, yang dahulu bernama Soerabhaiasche Indonesische Voetbal Bond (SIVB). Persebaya terpaut dua gelar dari Persija di kompetisi nasional.

Sembilan gelar diraih Persija di era Perserikatan yang mulai digelar 1931. Termasuk ketika masih bernama VIJ (Voetbalbond Indonesische Jacatra).

Satu gelar diperoleh dengan istilah juara bersama PSMS Medan, yakni pada 1975. Adapun satu lainnya diraih di kompetisi Liga Indonesia, yakni Divisi Utama, 17 tahun silam.

Sejak era Perserikatan, Persija juga mencatatkan enam runner-up. Di samping itu, Persija juga pernah merasakan gelar juara di ajang internasional masing-masing Quoch Khanh Saigon Cup/Ho Chi Minh City Cup (1973), Brunei Invitation Cup (2002, 2001), dan Boost Sportsfix Super Cup (2018).

Persija sendiri dinyatakan berdiri pada 28 November 2018. VIJ menjadi nama awal dan yang turut membidani berdirinya PSSI pada 1930. Nama Persija baru dipakai pasca-Republik Indonesia kembali ke bentuk negara kesatuan.

Sempat berjaya dan mendapat cap klub top Indonesia, Persija dalam beberapa tahun belakangan berada dalam masa kurang baik. Persoalan finansial pasca keluarnya keputusan larangan APBD untuk klub sepak bola membuat Persija kerap tidak stabil.

Gaji yang tertunggak sempat sering menghiasi. Persija pun jauh ketika berbicara prestasi.

Persija Jakarta baru didandani ulang mulai awal 2017. Itu setelah Ferry Paulus mau melepas saham mayoritas yang dimiliki.

Orang baru berupaya membuat Persija kembali besar. Gede Widiade diplot menjadi Direktur Utama sejak Maret 2017 atau sebulan setelah peralihan saham.

Persija jakarta Breaking News Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan