Profil Tim Liga 1 2018: Persipura Jayapura

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Sabtu, 17 Maret 2018
Profil Tim Liga 1 2018: Persipura Jayapura
Persipura Jayapura. (BolaSkor.com/Desain Grafis)

BolaSkor.com - Persipura Jayapura merupakan salah satu klub tersukses di Indonesia. Klub yang didirikan pada tahun didirikan pada tahun 1963. Meski sudah eksis dari era Perserikatan, Persipura baru bisa menikmati kejayaan dalam beberapa belasan tahun terakhir.

Persipura pertama kali menggenggam gelar juara Liga Indonesia pada tahun 2005. Saat itu, Mutiara Hitam yang dilatih Rahmad Darmawan mengalakan Persija Jakarta 3-2 di laga final.

Seterusnya, Persipura menjadi klub paling sukses dengan raihan gelar Indonesia Super League (ISL) 2008/2009, 2010/2011, dan 2013. Tak hanya itu, Persipura juga pernah menjadi juara pengganti kompetisi ISL yang terhenti saat konflik sepak bola nasional, Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016.

Prestasi Persipura tak hanya menggema di Indonesia. Persipura juga pernah menorehkan prestasi gemilang dengan mengharumkan nama Indonesia di kancah sepak bola Asia.

Persipura berhasil menjadi satu-satunya tim Indonesia sepanjang sejarah yang melaju ke babak semifinal Piala AFC. Itu terjadi pada tahun 2014 lalu.

Teakhir, Persipura gagal bersaing di jalur juara Liga 1 2017. Persipura hanya finis di urutan keenam klasemen akhir Liga 1 2017.

Kini, Persipura Jayapura menatap Liga 1 2018 dengan penuh rintangan. Mutiara Hitam itu harus menyusun kekuatan tim awalnya tanpa dukungan sponsor.

Ini merupakan permasalahan yang dihadapi Persipura tiap musim. Namun pada akhirnya, Persipura mendapat sponsor dari Bank Papua dan PT Freeport untuk terjun di Liga 1 2018.

Dari segi materi pemain, Persipura seperti pada umumnya mengandalkan wajah lama ditambah talenta lokal berbakat. Sisanya, mereka ditopang dengan pemain asing berkualitas.

Persipura saat ini dipimpin oleh Peter Butler sebagai pelatih kepala. Ia menggantikan posisi Wanderley Junior yang melatih Persipura pada Liga 1 2017.

Persipura jayapura Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.017

Bagikan