BolaSkor.com - PS TIRA nama yang mungkin asing di telinga pencinta sepak bola Tanah Air yang akan meramaikan Liga 1 2018. Namun ternyata, penamaan tersebut merupakan nama baru dari PS TNI.

Nama tersebut memiliki arti yang tidak jauh berbeda. Jika sebelumnya bernama Persatuan Sepak Bola Tentara Nasional Indonesia (TNI) kini menjadi Persatuan Sepak Bola Tentara Indonesia dan Rakyat.

Kub berjuluk The Army ini memang belum memiliki sejarah yang cukup panjang, lantaran baru muncul tepat di ajang turnamen pramusim bertajuk Piala Jenderal Sudirman November 2015 lalu.

Meski demikian, dengan modal pemain-pemain dari PSMS Medan yang sebelumnya menjuarai Piala Kemerdekaan 2015, PS TNI mampu melangkah ke babak delapan besar. Lalu ikut juga tampil di turnamen lainnya bertajuk Piala Presiden 2017.

PS TNI semakin serius, tak hanya ingin tampil di turnamen pramusim, namun mereka ingin berlaga di kompetisi tertinggi Tanah Air dengan membeli lisensi milik klub asal Papua, Persiram Raja Ampat.

Meski hanya diperkuat beberapa penggawa PSMS Medan karena memilih untuk kembali memperkuat Ayam Kinantan, PS TNI mampu finis di peringkat ke-12 Liga 1 2017.

Di musim 2018 ini, mereka mengabdikan diri untuk berganti nama menjadi PS TIRA, dan berpindah markas dari Stadion Pakansari Cibinong Bogor ke Stadion Sultan Agung Bantul, Yogyakarta.