Profil Tim Liga 1 2018: PSMS Medan

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 16 Maret 2018
Profil Tim Liga 1 2018: PSMS Medan
PSMS Medan. (BolaSkor.com/Desain Grafis)

BolaSkor.com - PSMS Medan salah satu tim peserta Liga 1 musim ini. Berstatus sebagai tim promosi, PSMS Medan bakal menjadi kuda hitam. Tim yang berjuluk Ayam Kinantan ini bermarkas di Stadion Teladan Medan, di Kecamatan Medan Kota.

Meski musim ini di Liga 1 tim berjuluk Ayam Kinantan adalah pendatang baru, tapi tim besutan Djadjang Nurdjaman ini punya sejarah panjang di dunia sepak bola Indonesia. PSMS Medan tak bisa disebut sebagai tim kemarin sore, karena sudah terbentuk sejak lama.

PSMS Medan dirikan pada tanggal 21 April 1950. Meski demikian sejak tahun 1930 telah berdiri klub Medansche Voetbal Club (MSV) yang diyakini merupakan embrio PSMS. Sejak dahulu kota Medan dikenal dunia karena perkebunan tembakau Delinya. Tak heran bahwasannya logo PSMS berupa "daun" dan "bunga tembakau Deli".

PSMS Medan dikenal dengan tipe permainan khas rap-rap, yakni sepak bola yang berkarakter keras, cepat dan ngotot, namun tetap bermain bersih menjunjung sportivitas. Inilah yang kerap ditunjukkan oleh tim berjuluk "Ayam Kinantan" ini.

Pada musim 1994/1995, PSMS Medan divisi utama hanya mampu finis peringkat kesembilan wilayah barat. PSMS Medan semakin terpuruk pada musim 2002, berada di peringkat 11 tim ini terdegradasi Divisi Satu. Tapi, satu musim setelah itu peringkat kedua juara Grup A, dan kembali naik Divisi Utama. Pada musim 2010, PSMS Medan masuk 8 besar Divisi Utama (sehingga masuk ke Liga Super).

Tapi, musim 2011/2012, PSMS kembali terdegradasi ke Divisi Utama (PSMS ISL dan PSMS IPL). Namun, pada musim 2017, PSMS Medan menjadi runner-up Liga 2. Bertemu di final Liga 2 melawan Persebaya, Ayam Kinantan takluk 2-3. Hasil ini, cukup bagi PSMS Medan mengantongi tiket ke Liga 1 musim ini.

Dengan gaya permainan rap-rap, PSMS Medan siap memberikan kejutan dan meramaikan persaingan papan atas. Mempertahankan pemain lama dan menambahkan muka baru, seperti gelandang asal Uzbekistan, Dilshod Sharofetdinov akan membuat PSMS Medan lebih garang.

PSMS Medan Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan