BolaSkor.com – Persija Jakarta merupakan tim sepak bola yang berbasis di Ibu Kota Negara Indonesia, DKI Jakarta. Persija Jakarta merupakan salah satu klub tersukses yang ada di Indonesia denga torehan 11 juara domestik.

Persija Jakarta didirikan pada tanggal 28 November 1928, dengan cikal bakal bernama Voetbalbond Indonesische Jacatra (VIJ). VIJ merupakan salah satu klub yang ikut mendirikan Persatuan sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) dengan keikutsertaan wakil VIJ, Mr. Soekardi dalam pembentukan PSSI di Societeit Hadiprojo Yogyakarta, Sabtu-19 April 1930.

Terlepas dari takdir atau bukan, seiring dengan berdaulatnya negara Indonesia, NIVU mau tidak mau harus bubar. Mungkin juga karena secara sosial politik sudah tidak kondusif (mendukung).

Suasana tersebut akhirnya merembet ke anggotanya, antara lain VBO. Pada pertengahan tahun 1951, VBO mengadakan pertemuan untuk membubarkan diri (likuidasi) dan menganjurkan dirinya untuk bergabung dengan Persija.

Dalam perkembangannya, VBO bergabung ke Persija. Dalam turnamen segitiga persahabatan, gabungan pemain bangsa Indonesia yang tergabung dalam Persija "baru" itu berhadapan dengan Belanda dan Tionghoa.

Baca Juga: Profil Tim Liga 1 2019: Madura United

Inilah hasilnya: Persija (Indonesia) vs Belanda 3-3 (29 Juni 1951), Belanda vs Tionghoa 4-3 (30 Juni 1951), dan Persija (Indonesia) vs Tionghoa 3-2 (1 Juli 1951). Semua pertandingan berlangsung di lapangan BVC Merdeka Selatan, Jakarta.

Setelah itu semua, klub ini mendapatkan perhatian yang besar dari Gubernur Jakarta, Sutiyoso. Sutiyoso menjadi Pembina Persija. Di era Sutiyoso, lahir juga kelompok pendukung Persija bernama The Jakmania.

Bersama Bang Yos, sapaan Sutiyoso, Persija Jakarta bangkit. Tim ini berhasil menjadi juara Liga Indonesia pada tahun 2001.

Gelar juara 2001 bak pembuktian bahwa Persija Jakarta layak untuk kembali diperhitungkan. Pada masa itu, muncul bintang baru, Bambang Pamungkas yang menjadi idola di Jakarta.