BolaSkor.com - Liga 1 2020 akan bergulir pada 29 Februari 2020 mendatang. Tim-tim sudah memasuki persiapan akhir untuk melakukan yang terbaik pada kompetisi kasta tertinggi di Indonesia, tak terkecuali tim promosi.

Seperti diketahui, ada tiga tim promosi yang hadir pada liga musim ini. Ketiganya ialah Persik Kediri, Persita Tangerang, dan terakhir ada Persiraja Banda Aceh. Nama terakhir merupakan tim sudah lama tidak terdengar.

Persiraja merupakan tim di era perserikatan dimana mereka pernah menjadi juara Liga Indonesia pada tahun 1980. Kala itu Laskar Rencong berhasil mengalahkan Persipura dengan skor yang cukup meyakinkan 3-1.

Baca Juga:

Profil Tim Liga 1 2020: Bhayangkara FC

Moda Transportasi MRT Jadi Konsep Utama Jersey Persija Jakarta

Sempat bermain pada Divisi Utama dari tahun 1994, tapi pada tahun 2001 Persiraja harus terdegradasi dan sampai dengan saat ini, tim yang letak geografisnya berada di ujung barat Indonesia ini baru pertama kali bermain di kasta tertinggi.

Sebenarnya selama bermain di Liga 2, prestasi Persiraja terbilang cukup baik. Tapi baru pada tahun 2019 lalu mereka baru bisa promosi ke Liga 1 usai berada di tempat ketiga.

Persiraja enggan ingin menjadi tim yang hanya sekadar numpang lewat atau harus terdegradasi lagi ke Liga 2 di musim berikutnya. Mereka ingin menghapus kutukan yang dialami tim-tim asal Sumatra belakangan ini.

Skuad Persiraja Banda Aceh. (Instrgram)

Sekadar mengingatkan, PSMS Medan yang berstatus tim promosi Liga 1 2018 harus degradasi ke Liga 2 musim berikutnya, disusul Semen Padang edisi 2019.

Maka dari itu, lanjut Rahmat, Persiraja tak mau muluk-muluk soal target di Liga 1 2020. Tujuan utama mereka hanyalah bertahan di kompetisi kasta tertinggi Indonesia tersebut.

"Soal target kami tak ingin muluk-muluk dulu. Di tahun pertama ini kami ingin bisa bertahan dulu di Liga 1, minimal finis di peringkat 15 (zona aman degradasi)," kata Sekretasis Umum Persiraja, Rahmad Djaelani.

Baca Juga:

Profil Tim Liga 1: Persik Kediri

Taklukkan Persiraja Melalui Adu Penalti, Persik Promosi ke Liga 1 dan Tantang Persita di Final

Untuk Liga 1, manajemen Laskar Rencong masih mempercayakan Hendri Susilo sebagai pelatih. Hendri dianggap memiliki jasa yang sangat besar karena bisa membawa Persiraja promosi ke Liga 1 2020.

Bahkan berkat tangan dinginnya, Muklis Nakata dan kawan-kawan bisa meraih mimpi promosi ke kompetisi kasta tertinggi setelah penantian 12 tahun lamanya.

Untuk mengarungi ketatnya Liga 1 2020, Hendri Susilo masih ditemani asisten Akhyar Ilyas dan pelatih fisik Irwansyah, sementara untuk pelatih kiper masih mencari sosok yang tepat.

Hendri Susilo. (Instagram)

Persiraja juga mendatangkan pemain asing yang terbilang cukup mempuni. Vanderlei Francisco dan Samir Ayass yang merupakan pemain Timnas Lebanon. Dengan kekuatan yang ada sekarang dan terget yang hanya bisa bertahan di Liga 1 2020, Persiraja diyakini bisa mewujudkan terget tersebut.