Profil Tim Liga 1 2022/2023: Bhayangkara FC

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 20 Juli 2022
Profil Tim Liga 1 2022/2023: Bhayangkara FC
Bhayangkara FC. (Piala Presiden)

BolaSkor.com - Bhayangkara FC berawal dari dualisme Persebaya Surabaya yang beralih ke Liga Primer Indonesia dan mengubah namanya menjadi Persebaya 1927 di bawah PT Persebaya Indonesia. Pada saat itu, tim yang dulu bernama Persikubar Kutai Barat ini diboyong ke Surabaya dan berubah nama menjadi Persebaya Surabaya oleh Wisnu Wadhana.

Pada tahun 2015, mereka tidak boleh mengikuti turnamen Piala Presiden 2015. Mereka pun menambahkan kata United.

Sejak lolos ke babak 8 besar, BOPI mengisyaratkan untuk menanggalkan nama Persebaya, karena hak paten logo dan nama ada di tangan Persebaya 1927 di bawah PT Persebaya Indonesia. Oleh karena itu, mereka mengubah nama menjadi Bonek FC.

Cukup rumit memang permasalahan sebelum bernama Bhayangkara FC. Pada turnamen Piala Jenderal Sudirman 2015, mereka mengubah nama lagi, Surabaya United, setelah ada kecaman.

Akhirnya pada 12 April 2016, Surabaya United merger dengan PS Polri dan pada saat itu lah muncul nama Bhayangkara FC. Sampai dengan sekarang Bhayangkara FC menjadi salah satu tim yang diperihitungkan di Liga 1.

Baca Juga:

Profil Tim Liga 1 2022/2023: Persik Kediri

Profil Tim Liga 1 2022/2023: Persis Solo

The Guardian sempat tidak diperhitungkan di Liga 1 2017. Bhayangkara FC diragukan bisa bersaing dengan tim-tim yang sudah sarat pengalaman seperti Persija Jakarta, Persib Bandung, PSM Makassar bahkan Persipura Jayapura.

Di luar dugaan Bhayangkara FC menjadi benar-benar diwaspadai. Terlebih salalu bisa meraih kemenangan dalam setiap pertandingan tandang mereka. Bhayangkara FC menuai pencapaian luar biasa dengan menjadi juara Liga 1 2017.

The Guardian finis di posisi tiga besar pada musim 2018. Sedangkan di musim berikutnya, Bhayangkara FC mengawalinya dengan terseok-seok hingga pergantian pelatih dari Angel Alfredo Vera ke Paul Munster. The Guardian pun finis di posisi kelima klasemen akhir Liga 1 2019.

Bhayangkara FC kembali diperhitungkan di Liga 1 2021/2022. Materi pemain yang mentereng menjadikan The Guardian salah satu favorit juara sebelum menyelesaikan kompetisi di tempat ketiga.

Perubahan besar dimulai dari kursi pelatih dilakukan menyambut Liga 1 2022/2023. Widodo Cahyono Putro ditunjuk menggantikan Paul Munster.

Sejumlah nama baru juga didatangkan. Sekaligus untuk menggantikan pemain yang cabut seperti Evan Dimas, Adam Alis, Melvin Platje, Hansamu Yama.

Pemain Masuk: Youness Mokhtar, Youssef Ezzejjari, Asyraq Gufron, Adam Najem, Antoni Nugroho, Abdul Rachman, Kasim Botan, Aqil Savik, Nurhidayat, Reza Kusuma, David Maulana, Aprius Fernando, Aji Joko Sutopo, Finky Pasamba, Yanto Basna

Pemain Keluar: Evan Dimas, Adam Alis, Melvin Platje, Hansamu Yama, Arthur Bonai, Lee Yu-jun, Jajang Mulyana, Wahyu Tri Nugroho, Herman Dzumafo, Titan Agung, Abanda Rahman

Skuat Sementara Bhayangkara FC:

Kiper: Awan Setho, Aqil Savik, Indra Adi Nugraha, Panggih Sambodo

Belakang: Anderson Salles, Asyraq Gufron, Nurhidayat, Yanto Basna, Indra Kahfi, Surya Maulana, Dodi Irawan, Aji Joko Sutopo, Fatchurochman, Abdul Rachman, Ruben Sanadi, Putu Gede, Sani Rizki, Alsan Sanda

Tengah: M. Hargianto, Finky Pasamba, TM Ichsan, David Maulana, Wahyu Subo Seto, Adam Najem, Reza Kusuma, Ichwan Tuharea, Youness Mokhtar, Andik Vermansyah, Antoni Nugroho, Kasim Botan, Aprius Surbay

Depan: Ezechiel N'Douassel, Youssef Ezzejjari, Dendy Sulistyawan

Pemain Kunci: Youssef Ezzejjari

Youssef Ezzejjari didatangkan Bhayangkara FC tak lepas dari pencapaian musim lalu. Bersama Persik Kediri, striker Spanyol itu mencatatkan 19 gol.

Meski kurang menggigit di awal karier bersama Bhayangkara FC, Youssef Ezzejjari diyakini bisa kembali menunjukkan ketajamannya.

Prediksi di Liga 1 2022/2023:

Status sebagai tim papan atas yang sudah melekat sejak menjadi juara musim 2017 diuji di kompetisi musim 2022/2023. Bhayangkara FC kehilangan beberapa pemain penting seperti Evan Dimas, Adam Alis, Melvin Platje, Hansamu Yama, Arthur Bonai, Lee Yu-jun. The Guardian berpeluang keluar dari lima besar.

Profil Tim Liga 1 Bhayangkara FC Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan