Profil Tim Liga 1 2022/2023: PSS Sleman

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 20 Juli 2022
Profil Tim Liga 1 2022/2023: PSS Sleman
Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiantoro saat memberi instruksi. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

BolaSkor.com- PSS Sleman menjalani musim keempat di kompetisi Liga 1 setelah promosi ke kasta tertinggi musim 2019 silam.

Namun, perjalanan tim berjulukan Super Elang Jawa di kompetisi kasta tertinggi bak roller coaster dan belum mampu masuk ke papan atas.

Bahkan musim lalu klub yang bermarkas di Stadion Maguwoharjo itu harus berjuang di pekan-pekan pamungkas dan berhasil finis di peringkat ke-13 di klasemen akhir.

PSS Sleman membutuhkan 24 tahun sebelum bisa bermain di divisi teratas sepak bola Indonesia. Pada tahun 2000, PSS Sleman akhirnya memenuhi mimpinya untuk bergabung dengan tim elite Indonesia di Divisi Utama (divisi teratas sebelum restrukturisasi dari Indonesian Super League).

Selama tahun 2000-2006, PSS Sleman berhasil mengamankan keberadaan mereka di divisi utama. Posisi keempat pada tahun 2003 dan 2004 musim dan semifinalis Piala Indonesia 2005 adalah prestasi terbaik yang didapatkan selama periode tersebut.

Baca Juga:

Profil Tim Liga 1 2022/2023: RANS Nusantara FC

Profil Tim Liga 1 2022/2023: Persikabo 1973

Setelah sekian lama berkutat di kompetisi kasta kedua, PSS Sleman berhasil promosi ke Liga 1 setelah menjadi juara Liga 2 2018.

Musim ini, PSS Sleman menyambut semangat baru dengan pulangnya sosok Seto Nurdiantoro, pelatih yang membawa tim Laskar Sembada naik kasta.

PSS Sleman melakukan cukup banyak perombakan pada tim yang hampir semuanya berganti komposisi di era baru Seto Nurdiantoro.

Bahkan PSS Sleman mengarungi Liga 1 2022/2023 terbilang cukup apik. Kondisi itu bisa dilihat dari hasil di Piala Presiden 2022 dengan mampu lolos ke semifinal.

PSS Sleman lolos ke perempat final usai menjadi runner-up Grup A di bawah PSIS Semarang. Lalu di babak perempat final itu, mereka menyingkirkan tim favorit Persib Bandung melalui drama adu penalti.

Dengan era baru dan kembali di bawah racikan Seto Nurdiantoro, pendukung PSS Sleman berharap tim kesayangannya mampu memberikan prestasi di musim ini.

PSS Sleman
PSS Sleman. (Media Piala Presiden)

Pemain Keluar: Miswar Saputra, Asyraq Gufron, Jefri Kurniawan, Dendi Maulana, Juninho, Ocvan Chanigio, Kanu Helmiawan, Wander Luiz, Eeng Supriyadi, Rifaldi Bawuo, Arsyad Yusgiantoro, Mario Maslac, Aaron Evans, M Rizky Darmawan, Alex Dusay, Bagus Prasetyo.

Pemain Masuk: Fandi Eko Utomo, Hambali Tolib, Marckho Merauje Sandy, Ibrahim Sanjaya, Muhammad Ridwan, Dedi Gusmawan, Todd Rivaldo Ferre, Muhammad Ridwan, Manda Cingi, Purwaka Yudi, Jandia Eka Putra, Miftahul Hamdi, Boaz Solossa, Mychell Chagas, Jihad Ayoub, Ze Valente, Tallyson Duarte.

Skuat PSS Sleman:

Kiper: Ega Rizky, Jandia Eka Putra, Try Hamdani, Muhammad Ridwan, Dimas Fani.

Belakang: Dedy Gusmawan, Purwaka Yudhi, Ifan Nanda, Tallyson Duarte, Rizza Fadillah, Derry Rachman, Rifky Suryawan, Syaiful Ramadhan, Marckho Merauje, Bagus Nirwanto, Ibrahim Sanjaya.

Tengah: Jihad Ayoub, Manda Cingi, Wahyu Sukarta, Kim Jeffrey Kurniawan, Dave Mustaine, Ze Valente, Todd Ferre, Fandi Utomo, Hambali Tolib.

Depan: Boaz Solossa, Miftahul Hamdi, Komarudin, Mychell Chagas, Hokky Caraka, Irkham Mila, Bagas Umar, Saddam Gaffar, Riki Dwi Saputro.

PSS Sleman
Selebrasi Boaz Solossa di Piala Presiden 2022. (Media Piala Presiden)

Pemain Kunci: Boaz Solossa

Bila bicara pemain Kunci PSS, sulit untuk ditebak. Pasalnya, kekuatan PSS merata di setiap lininya.

PSS mengandalkan para pemain muda yang selalu dirotasi Seto Nurdiantoro. Hal ini bisa dilihat di Piala Presiden 2022.

Namun, ada satu sosok yang bisa menjadi pembeda. Dia bukan tak lain adalah Boaz Solossa.

Pengalaman dan prestasinya sudah tak perlu diragukan lagi. Boaz didatangkan PSS sebagai kartu AS sekaligus mengajari anak-anak muda PSS, bagaimana caranya menggedor jala lawan.

Prediksi di Liga 1 2022/2023:

PSS diprediksi akan mampu bersaing di papan tengah. Setidaknya PSS bisa finis di urutan 10 besar. Tidak seperti musim lalu yang terseok-seok dan hampir terdegradasi. (Laporan Kontributor Muhammad Fadly/Yogyakarta)

PSS Sleman Liga 1 Profil Tim Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.014

Bagikan