Profil Tim Liga 1 2022/2023: RANS Nusantara FC

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 20 Juli 2022
Profil Tim Liga 1 2022/2023: RANS Nusantara FC
Para pemain RANS Nusantara FC merayakan gol ke gawang Persija Jakarta. (Instagram.com/rans.nusantara)

BolaSkor.com - RANS Nusantara FC merupakan salah satu tim promosi di Liga 1 2022/2023. Kiprah klub ini layak dinantikan karena dilatih oleh pelatih berpengalaman, Rahmad Darmawan, serta keberadaan Raffi Ahmad dan Rudy Salim sebagai owner.

RANS Nusantara FC promosi ke kasta tertinggi musim depan setelah menjadi runner-up Liga 2 2021. Di partai final, mereka kalah oleh Persis Solo yang kemudian menjadi juara.

Klub ini awalnya bernama Cilegon United, lalu kemudian berubah menjadi RANS Cilegon FC setelah diakuisisi oleh dua pengusaha muda, Raffi Ahmad dan Rudy Salim. Mereka resmi jadi pemilik baru klub tersebut pada 31 Maret 2021.

Nama klub dengan julukan The Prestige Phoenix ini kembali mengalami perubahan menjadi RANS Nusantara FC pada Kongres Biasa PSSI 2022 yang digelar di Bandung, Senin (30/5). Perubahan nama tersebut dilatarbelakangi keinginan klub untuk memperluas basis suporternya.

Baca Juga:

Profil Tim Liga 1 2022/2023: PSM Makassar

Profil Tim Liga 1 2022/2023: Persikabo 1973

Dalam menyambut musim pertamanya di Liga 1, RANS Nusantara FC melakukan persiapan yang tidak main-main. Mereka kembali menunjuk Rahmad Darmawan sebagai pelatih.

RD, sapaan akrab Rahmad Darmawan, adalah pelatih yang mengantarkan klub ini promosi ke Liga 1. Ahli taktik asal Bandar Lampung ini dikenal punya pengalaman dan prestasi yang cukup baik sepanjang kariernya.

RD pernah menjadi juara Liga Indonesia bersama Persipura Jayapura (2005) dan Sriwijaya FC Palembang (2008). Bahkan pada 2008 RD menyabet double winner setelah Sriwijaya FC juga jadi yang terbaik di Piala Indonesia (sebelumnya bernama Copa Indonesia).

RD juga pernah tiga kali menangani klub asal Ibu Kota, Persija Jakarta dan pernah menjadi pelatih Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2011. Saat itu RD dan timnya berhasil mempersembahkan medali perak.

Baca Juga:

Profil Tim Liga 1 2022/2023: Madura United

Profil Tim Liga 1 2022/2023: Barito Putera

Dari sisi pemain, RANS Nusantara FC juga melakukan cukup banyak perubahan dari musim lalu. Sejumlah pemain lokal berpengalaman seperti Sandi Sute, David Laly, Wawan Hendrawan, Ady Setiawan, hingga Hilman Syah berhasil didaratkan.

RANS Nusantara juga mendatangkan pemain asing dengan kualitas mumpuni seperti Makan Konate dari Persija Jakarta, lalu Mitsuru Maruoka yang pernah memperkuat Borussia Dortmund, dan Victor Salinas (Brasil). Sementara satu pemain asing lagi di posisi penyerang kabarnya akan segera bergabung.

Sementara itu, dari sisi persiapan tim, RANS Nusantara FC sempat menggelar pemusatan latihan atau TC di Yogyakarta pada akhir Mei lalu. RANS Nusantara FC juga melakukan beberapa kali uji coba termasuk ambil bagian dalam turnamen pramusim Piala Presiden 2022.

RANS Nusantara FC tergabung di Grup B bersama Borneo FC Samarinda, Persija Jakarta, Madura United, dan Barito Putera. Meski 'dikepung' empat tim berpengalaman, RANS Nusantara FC mampu finis di peringkat ketiga.

RANS Nusantara FC saat menghadapi Borneo FC Samarinda di Grup B Piala Presiden 2022. (LIB)

Satu pekan jelang kick off Liga 1 2022/2023, Sabtu (23/7), RANS Nusantara FC beruji coba melawan Persija di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Hasilnya RANS Nusantara FC memang menelan kekalahan, tapi itu akan jadi modal yang cukup baik untuk mengarungi kompetisi nanti. Adapun di Liga 1 2022/2023 RANS Nusantara FC akan bermarkas di Stadion Pakansari, Bogor. Mereka berbagi kandang dengan Persikabo 1973.

Pemain Masuk: Makan Konate, Victor Salinas, Arif Satria, Edo Febriansyah, Ady Setiawan, Hilman Syah, Arthur Bonai, Sandi Sute, Septian Bagaskara, Defri Riski, David Laly, Wawan Hendrawan, Herwin Saputra, Meru Kimura, Fiqri Ntong, Harberd Sokoy, Basroh Alamsyah, Saddam Tenang, Fadilla Akbar, Mitsuru Maruoka

Pemain Keluar: Hendra Wijaya, Makarius Suruan, Kito Chandra, Agung Pribadi, Hamka Hamzah, Tegar Infantrie, Yoga Tri Septyan, Anan Lestaluhu, Tarik El Janaby, Sansan Fauzi, Muharrir, Rizki Hidayat, Muhammad Rizal, Asri Akbar, Andre Batistuta, Muzakir

Skuat Sementara RANS Nusantara FC

Kiper: Hilman Syah, Wawan Hendrawan, Wahyudi, Fiqri Ntong

Bek: Arif Satria, Victor Salinas, Hamdan Zamzani, Herwin Saputra, Boas Isir, Meru Kimura, Edo Febriansyah, Saddam Tenang, Basroh Alamsyah, Ady Setiawan, Alfin Tuasalamony, Kurniawan Karman

Gelandang: Sandi Sute, Fadilla Akbar, Arthur Bonai, Gama Imbiri, Makan Konate, Mitsuru Maruoka, Bima Ragil, Ikhsan Nul Zikrak, Sumarna, David Laly, Ramdani Tawainella, Defri Riski

Penyerang: Jujun Junaedi, Jefron Sitawa, Zidane Pattiiha, Harberd Sokoy, Septian Bagaskara, Syamsir Alam, Cristian Gonzales

Pelatih: Rahmad Darmawan

Pemain Kunci: Makan Konate

Makan Konate akan jadi motor permainan sekaligus pemain kunci RANS Nusantara FC. Pemain asal Mali itu pun pernah memperkuat sejumlah tim besar Liga 1, seperti Persib Bandung, Arema FC, Persebaya Surabaya, dan Persija Jakarta. Bahkan bersama Persib Konate berhasil merebut gelar juara Liga Indonesia 2014 dan Piala Presiden 2015.

Prediksi di Liga 1 2022/2023:

Dengan berbagai persiapan yang dilakukan serta didukung oleh sosok RD sebagai pelatih dan beberapa pemain berpengalaman, RANS Nusantara FC layak menjadi salah tim kuda hitam di Liga 1 2022/2023. Satu tempat di papan tengah mungkin akan jadi milik klub ini.

Profil Tim Liga 1 Rans Nusantara Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.307

Bagikan