BolaSkor.comLiga 1 2020 akan segera bergulir. Dari tiga tim promosi yang ada di musim ini ada nama Persik Kediri yang datang sebagai jawara Liga 2 2019. Kedatangan Persik diyakini akan menjadi warna tersendiri untuk gelaran Liga 1 2020.

Persik merupakan salah satu tim yang fenomenal pada masanya. Masa kejayaannya dimulai pada tahun 2002, di mana tim berjuluk Macan Putih ini berhasil meraih gelar Divisi I Liga Indonesia.

Hanya berselang satu musim, Persik langsung meraih gelar juara Divisi Utama Liga Indonesia pada tahun 2003. Di mana tahun tersebut Persik merupakan tim promisi. Tahun 2006, Persik kembali meraih gelar juara Divisi Utama Liga Indonesia.

Baca Juga:

Profil Tim Liga 1 2020: PSS Sleman

Hal yang Buat Rahmad Darmawan Puas Meski Madura United Dihentikan Persija

Persik Kediri (Istimewa)

Persik merupakan salah satu tim Indonesia yang pernah mencicipi Liga Champions Asia pada 2004 dan 2007. Persik pernah melawan Yokohama F Marinos, Urawa Red Diamonds, dan mantan tim manajer pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong, yakni Seongnam Ilhwa,

Tim yang bermarkas di Stadion Brawijaya ini pernah memiliki pemain-pemain bintang yang bersinar pada era tersebut. Sebut saja Cristian Gonzales, Ronald Fagundes, Danilo Fernando, dan Budi Sudarsono.

Namun, Persik perlahan meredup. Pada 12 Desember 2014, Persik Kediri didiskualifikasi dari peserta Liga Indonesia 2015 karena dinilai tidak memenuhi persyaratan baik dari segi keuangan dan infrastruktur. Persik didiskualifikasi bersama dengan Persiwa Wamena.

Kemudian, perlahan Persik bangkit dengan memulai dari Liga 3 pada 2018. Persik langsung meraih gelar juara Liga 3 2018.

Promosi ke Liga 2, Persik lebih solid. Persik yang saat itu dilatih Budiardjo Thalib sangat fenomenal. Persik berhasil juara Liga 2 2019 usai kalahkan Persita Tangerang 3-2.

Baca Juga:

Menang Telak 4-1 atas Persija Jakarta, Persebaya Raih Gelar Juara Piala Gubernur Jatim 2020

Profil Tim Liga 1 2020: Madura United

Persik Juara Liga 2

Meski berhasil membawa Persik juara, namun kebersamaan Budiardjo Thalib tidak semanis prestasi yang dihasilkan. Untuk Liga 1 2020 nanti, ia tidak lagi menjadi pelatih dari Macan Putih.

Padahal, ia salah satu pelatih yang berjasa untuk tim dan berhasil mengorbitkan beberapa nama. Salah satunya ialah Septian Satria Bagaskara yang sekarang menjelma sebagai salah satu penyerang terbaik yang dimiliki oleh Indonesia.

Bahkan beberapa kali pemain yang kerap disapa Bagas ini pernah menghiasi nama pemain yang dipanggil oleh Timnas Indonesia. Namun karena cedera, ia gagal masuk Timnas Indonesia U-23 di bawah asuhan Indra Sjafri.

Sekarang Persik di tangani mantan pelatih Arema FC, Joko Susilo. Meski pretasinya bersama Arema FC tidak mentereng, tetapi masyarakat Kediri sangat berharap banyak kepada pelatih berlisensi AFC Pro tersebut.