BolaSkor.com - Mendekati seri pertama MotoGP 2020, sejumlah tim mulai bersiap. Beberapa pekan menjelang balapan, tim-tim yang akan turun pada ajang tersebut sudah mengumumkan motor dan pembalapnya, termasuk Repsol Honda.

Keputusan berani diambil oleh Repsol Honda menjelang musim balap MotoGP 2020. Alih-alih mempertahankan duet Marc Marquez dengan Jorge Lorenzo, pabrikan asal Jepang itu justru mendepak Lorenzo.

Repsol Honda secara nekat menduetkan Marc Marquez dengan adiknya, Alex, untuk MotoGP 2020. Secara prestasi memang Alex Marquez memiliki potensi karena memenangi Moto2 musim lalu.

Akan tetapi, yang patut dinanti adalah apakah Alex Marquez mampu menggantikan pengalaman milik Jorge Lorenzo. Secara logika, bersatunya Alex dengan Marc Marquez memang memiliki keunggulan.

Baca Juga:

Profil Tim MotoGP 2020: Ducati dan Pramac, Menanti Kejutan Desmosedici GP20

Profil Tim MotoGP 2020: Monster Energy Yamaha, Musim Terakhir Rossi dan Kembalinya Lorenzo

Marc Marquez dan Alex Marquez MotoGP 2020
Marc Marquez dan Alex Marquez. (BolaSkor.com/Budi Prasetyo Harsono)

Dengan status kakak-adik, Marc Marquez dan Alex Marquez dinilai bisa meminimalisir drama di luar lintasan. Namun, bukan tidak mungkin Alex justru ingin memutus catatan impresif kakaknya itu.

Apalagi kedua pembalap dibekali motor yang sama. Baik Marc Marquez maupun Alex Marquez sama-sama akan mengendarai Honda RC213V milik Repsol Honda.

Pada edisi terbaru, Repsol Honda memodifikasi rangka RC213V. Sementara untuk urusan mesin, motor tersebut dipersenjatai mesin 4 silinder dengan kapasitas 1000cc.

Repsol Honda tidak melakukan perubahan drastis terhadap RC213V disebabkan kepercayaan diri mereka terhadap motor tersebut. Terbukti, mereka mendominasi MotoGP dalam beberapa tahun terakhir.

Sejak Marc Marquez menjalani debut pada musim 2013, Repsol Honda hanya satu kali gagal memenangi MotoGP. Tepatnya pada 2015 yang menjadi milik Jorge Lorenzo.

Kali ini, Marc Marquez memiliki motivasi tambahan untuk memenangi MotoGP 2020. Andai menang, pembalap asal Spanyol tersebut akan menyamai torehan gelar Valentino Rossi.

Selain itu, Marc Marquez berpeluang minimal menyamai delapan gelar pembalap legendaris MotoGP, Giacomo Agostini. Dengan usia baru 26 tahun, Marquez masih berpeluang besar melakukannya.

Sementara itu, Alex Marquez berpotensi menimba ilmu sebanyak mungkin dari kakaknya pada musim pertama di MotoGP. Bukan tidak mungkin, Repsol Honda menyiapkan Alex untuk menjadi suksesor Marc Marquez.

Patut dinanti, seberapa efektif duet Marc Marquez dan Alex Marquez untuk Repsol Honda. Mampukah mereka melanjutkan dominasi pada MotoGP 2020? Patut dinanti.

Profil Tim:

Nama Tim: Repsol Honda
Gelar MotoGP: 16
Ikut MotoGP Sejak: 1995
Pembalap: Marc Marquez dan Alex Marquez
Motor: Honda RC213V