BolaSkor.com - Generasi emas Timnas Belgia sekali lagi akan diuji di Piala Dunia 2018. Masuk di Grup G, Belgia berada bersama dengan Panama, Tunisia, dan Inggris.

Setan Merah akan memulai kiprah dengan menghadapi Panama pada 18 Juni. Kemudian secara berurutan melawan Tunisia (23 Juni) dan Inggris (28 Juni).

Timnas Belgia menjadi salah satu unggulan di Piala Dunia 2018 berbekal catatan apik, setidaknya enam tahun belakangan.

Timnas Belgia sendiri telah bertransformasi menjadi kekuatan baru yang disegani di dunia setelah sempat hanya jadi pelengkap. Tak mengherankan pada Piala Dunia 2014 di Brasil, mereka diprediksi memberi kejutan.

Belgia sampai perempat final di edisi 2014 setelah sempurna di babak grup dan mengalahkan Amerika Serikat di 16 besar sebelum dihentikan Argentina.

Kiprah dan kejutan Belgia kembali dinanti saat Piala Eropa 2016. Di ajang ini Belgia juga sampai perempat final sebelum kalah dari Wales dan terhenti.

Kebesaran Belgia di level dunia juga jelas terlihat dalam ranking FIFA. Jika ditarik hitungan per tahun, Belgia selalu ada di lima besar sejak 2014.

Belgia bahkan sempat berada di posisi pertama ranking FIFA pada 2015. Sementara teranyar pada 2018 ada di tempat ketiga.

Eden Hazard dkk. semakin diprediksi berada di jalur juara menyusul catatan meyakinkan di babak kualifikasi zona Eropa. Belgia tak terkalahkan dalam 10 laga yang dijalani, dimana sembilan diakhiri dengan kemenangan dan satu berakhir imbang.

Belgia seperti Spanyol, namun kalah mentereng dari Jerman yang menyapu 10 laga dengan kemenangan. Timnas Belgia menjadi tim Eropa pertama yang memastikan berkiprah di Piala Dunia 2018, kecuali Rusia yang lolos karena tuan rumah.