BolaSkor.com - Sepak bola Spanyol memang menjadi nomor satu dalam satu dekade terakhir. Buktinya, banyak tim Spanyol yang merajai kompetisi Liga Champions dalam satu dekade terakhir, yakni Real Madrid dan Barcelona.

Alhasil, dua kekuatan dari dua klub raksasa La Liga tersebut mengantarkan Spanyol dalam era keemasan. Spanyol berhasil meraih gelar juara Piala Eropa 2008 dan 2012 serta Piala Dunia 2010.

Sayang, Spanyol menerima kegagalan pada Piala Dunia 2014. La Furia Roja gagal melaju dari babak penyisihan grup. Kegagalan ini membuat Federasi Sepak Bola Spanyol melakukan peremajaan.

Vicente Del Bosque yang menjadi pelatih era emas Spanyol digantikan Julen Lopetegui. Di era Lopertegui, Spanyol lebih banyak mengandalkan pemain muda, sisanya para pemain dari era keemasan Spanyol.

Buktinya, Lopetegui berhasil mengantarkan Spanyol ke dalam jajaran tim elite usai gagal di Piala Dunia 2014. Spanyol lolos ke Piala Dunia 2018 dengan status juara Grup G Kualifikasi zona Eropa. Spanyol meraih 28 poin dari 10 laga, dengan rincian sembilan kemenangan dan satu imbang, tanpa kekalahan.

Spanyol menyingkirkan Italia yang menempati posisi runner-up. Italia pun tersingkir setelah kalah bersaing dengan Swedia di babak play off.

Kini, Spanyol kembali diprediksi menjadi salah satu calon juara Piala Dunia 2018. Spanyol tergabung di Grup B bersama Portugal, Iran, dan Maroko. Spanyol diprediksi bakal melangkah mudah bersama Portugal ke babak 16 besar. Spanyol akan menghadapi Portugal (16/6), Iran (21/6), dan Maroko (26/6).