BolaSkor.com – Timnas Belgia disebut memiliki generasi emas dalam skuadnya yang berisikan pemain-pemain yang berpatisipasi di liga top Eropa. Mereka di antaranya seperti Eden Hazard (Real Madrid), Romelu Lukaku (Inter Milan), dan Kevin De Bruyne (Manchester City).

Negara berjuluk Red Devils sudah berpatisipasi lima kali di Piala Eropa dan pada 2016 Belgia jadi salah satu tim kuda hitam yang diunggulkan lolos ke final, namun perjalanan mereka kandas oleh Wales. Belgia berhasil lolos ke fase grup Piala Eropa 2020 usai melalui kualifikasi grup I.

Berada di grup yang sama dengan Rusia, Skotlandia, Siprus, Kazakhstan, dan San Marino, tim arahan Roberto Martinez sukses menjadi juara grup dengan raihan 30 poin hasil dari 10 kemenangan: tanpa kalah dan imbang.

Baca Juga:

Profil Timnas Turki di Piala Eropa 2020: Generasi Baru, Semangat Lama

Profil Timnas Italia di Piala Eropa 2020: Kebangkitan Gli Azzurri

Informasi Penting yang Perlu Diketahui Seputar Piala Eropa 2020

Timnas Belgia

Belgia mencetak 40 gol dan hanya kebobolan tiga gol. Itu memperlihatkan kekuatan mereka di lini serang serta keseimbangan dengan pertahanan yang kuat. Tak ayal fakta tersebut menjadikan Belgia sebagai salah satu tim kuda hitam di Piala Eropa 2020.

Belgia tergabung di grup B Piala Eropa 2020 bersama Denmark, Finlandia, dan Rusia. Di grup ini tuan rumahnya adalah Denmark dan Rusia. Grup yang relatif berimbang kekuatannya tanpa ada unggulan kuat lolos ke fase gugur.

Piala Eropa 2020 bisa jadi kans terakhir generasi emas Belgia untuk unjuk gigi mengingat usia yang sudah bertambah tua.

Momen Bersejarah

Timnas Belgia vs Jerman Barat pada 1980

Lima kali partisipasi di Piala Eropa dan momen terbaik Belgia terjadi pada Piala Eropa 1980. Mereka sudah hampir meraih trofi sebelum kalah di final melawan Jerman Barat.

Belgia arahan Guy Thys melawan Jerman Barat besutan Jupp Derwall. Horst Hrubesch membawa Jerman Barat unggul di menit 10 yang dibalas Rene Vandereycken di menit 75.

Namun striker Jerman, Hrubesch menjadi momok pertahanan Belgia dan mencetak gol penentu kemenangan di menit 88. Itu jadi pencapaian terbaik Belgia di Piala Eropa sejauh ini.

Belgia juga mencatatkan kemenangan terbesar di Piala Eropa sepanjang masa pada 2016 ketika menaklukkan Hungaria dengan skor 4-0 via gol Toby Alderweireld, Michy Batshuayi, Eden Hazard, dan Yannick Carrasco.

Pemain Kunci

Eden Hazard dan Kevin De Bruyne

Dari belakang hingga ke depan Belgia memiliki pemain kunci yang dapat mengubah arah pertandingan, bahkan pemain-pemain cadangan mereka berkualitas. Di posisi kiper Belgia punya penjaga gawang Real Madrid Thibaut Courtois.

Kiper berusia 28 tahun ada di antara kiper-kiper top Eropa dan dalam kondisi prima gawangnya sulit ditembus. Di depannya ada dua bek senior yang bisa jadi memainkan turnamen besar terakhir mereka, yakni Alderweireld (32 tahun) dan Jan Vertonghen (34 tahun).

Di tengah bercokol nama-nama yang bermain di liga top Eropa. Mereka dipimpin oleh gelandang serang Manchester City Kevin De Bruyne. Penilik 80 caps dan 21 gol akan sangat diandalkan dalam mengatur serangan dan menembus ketatnya pertahanan lawan, apalagi De Bruyne juga handal mengeksekusi bola mati.

Pada posisi depan ada Romelu Lukaku yang menjadi top skorer Inter Milan dan musim ini memenangi Scudetto.

Atmosfer positif itu diharapkan masyarakat Belgia berlanjut ke level internasional, sebab Lukaku memimpin lini depan yang juga memiliki Dries Mertens, Batshuayi, Christian Benteke, dan tentu saja Eden Hazard.

Nama yang disebut terakhir belum menemukan permainan terbaiknya karena banyak cedera musim ini bersama Madrid. Hazard bisa menjadikan Piala Eropa sebagai momentum.

Pelatih

Roberto Martinez

Memasuki tahun kelimanya melatih timnas Belgia. Roberto Martinez (47 tahun) sarat pengalaman melatih klub dari 2007 dengan Swansea City, berlanjut ke Wigan Athletic, dan terakhir tiga tahun melatih Everton (2013-2016).

Keberhasilan terbesar kala itu memenangi Piala FA 2012-2013 bersama Wigan yang secara mengejutkan mengalahkan Manchester City. Pelatih asal Spanyol memiliki variasi taktik dalam metode kepelatihannya. Dahulu dia juga bermain sebagai gelandang bertahan di Real Zaragoza dan Wigan Athletic.

Prediksi Formasi

Timnas Belgia (3-4-2-1): Thibaut Courtois; Jan Vertonghen, Jason Denayer, Toby Alderweireld; Nacer Chadli, Youri Tielemans, Leander Dendoncker, Yannick Carrasco; Kevin De Bruyne, Eden Hazard; Romelu Lukaku

Jadwal Pertandingan

Belgia vs Rusia (13/06 – 02.00 WIB – Stadion Krestovsky)
Denmark vs Belgia (17/06 – 23.00 WIB – Parken)
Finlandia vs Belgia (22/06 – 02.00 WIB – Stadion Krestovsky)