BolaSkor.com – Piala Eropa 2020 akan menjadi debut bagi negara berjuluk Huuhkajat alias timnas Finlandia. Kiprah mereka di event besar Eropa dan dunia itu akan dinantikan selayaknya timnas Islandia di Piala Eropa 2016. Finlandia bisa jadi tim kejutan di turnamen kali ini.

Perjalanan Finlandia menuju Piala Eropa 2020 cukup memukau. 10 dari 16 gol Finlandia di Kualifikasi Piala Eropa dicetak oleh striker Norwich City Teemu Pukki. Di luar dugaan mereka mampu bersaing dengan nama-nama besar yang ada di grup.

Finlandia ada di grup J Kualifikasi Piala Eropa 2020 yang berisikan Italia, Yunani, Bosnia Hezergovina, Armenia, dan Liechtenstein. Italia yang menyapu bersih laga dengan kemenangan memuncaki klasemen dengan raihan 30 poin.

Baca Juga:

Profil Timnas Rusia di Piala Eropa 2020: Dibayangi Sukses Masa Lalu

Profil Timnas Denmark di Piala Eropa 2020: Pengalaman Danish Dynamite

Profil Timnas Belgia di Piala Eropa 2020: Menguji Generasi Emas

Timnas Finlandia

Finlandia mampu mengalahkan Yunani dan Bosnia dengan finish sebagai runner-up. Mereka ada di peringkat dua dengan raihan 18 poin di atas Yunani (14 poin), Bosnia (13 poin), Armenia (10 poin), dan Liechtenstein (dua poin).

Finlandia berada di grup B Piala Eropa yang berisikan Denmark, Rusia, dan Belgia. Denmark dan Rusia tuan rumah grup ini. Di grup yang relatif ketat Finlandia dapat menjadi kejutan di debut Piala Eropa.

Momen Bersejarah

Burung hantu

Finlandia sering menghiasi perjalanan Kualifikasi Piala Eropa dan tidak banyak momen bersejarah dari negara berpenduduk lima juta lebih populasi itu. Akan tapi ada satu momen unik pada Kualifikasi Piala Eropa 2008.

Pada Juni 2007 Finlandia melawan Belgia di Helsinki. Ada burung hantu yang menganggu pertandingan dan burung itu duduk di tiang gawang untuk beberapa menit, nyatanya burung hantu itu ‘memotivasi’ Finlandia hingga menang 2-0. Tak ayal julukan burung hantu juga kini identik dengan Finlandia.

Pemain Kunci

Teemu Pukki

Finlandia saat ini tak bisa diremehkan. Fakta nama-nama tenar Finlandia seperti Jari Litmanen, Mikael Forssell, Sami Hyypia, Jussi Jaaskelainen, bahkan tak mampu membawa Finlandia bermain di Piala Eropa.

Era itu telah berakhir dan Finlandia kini punya Lukas Hradecky (Bayer Leverkusen) dan Teemu Pukki (Norwich City) sebagai pemain-pemain andalan tim.

Hradecky (31 tahun) memiliki 64 caps dengan timnas Finlandia dan menggantikan Bernd Leno di Leverkusen. Reaksi dan kemampuannya membaca permainan jadi kunci kuatnya pertahanan Finlandia.

Sedangkan Pukki (31 tahun) dengan 30 gol dari 90 caps menjadi ujung tombak andalan di depan. Mantan penyerang Sevilla dan Schalke striker modern dengan pergerakan dan nalurinya mencetak gol, tetapi Pukki juga acapkali angin-anginan bermain.

Pelatih

Markku Kanerva

Mantan asisten pelatih menjadi pelatih timnas Finlandia. Markku Kanerva sudah melatih sejak 2016 dan jika dilihat dari saat masih jadi asisten,Kanerva sudah 10 tahun ada di Finlandia. Dia sudah sangat memahami skuad timas.

Kanerva juga mantan bek timnas yang pernah bermain di HJK Helsinki. Fakta lain dari mantan pemain Elfsborg itu adalah ia pernah menjadi guru SD di masa lalu sebelum banting setir ke dunia kepelatihan.

Prediksi Formasi

Timnas Finlandia (4-4-2): Lukas Hradecky; Jere Uronen, Paulus Arajuuri, Joona Toivio, Jukka Raitala; Lassi Lappalainen, Glen Kamara, Tim Sparv, Lod; Jasse Tuominen, Teemu Pukki

Jadwal Pertandingan

Denmark vs Finlandia (12/06 – 23.00 WIB – Parken)
Finlandia vs Rusia (16/06 – 20.00 WIB - Stadion Krestovsky)
Finlandia vs Belgia (22/06 – 02.00 WIB – Stadion Krestovsky)