Profil Timnas Hungaria di Piala Eropa 2020: Kurcaci di Antara Raksasa

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 29 Mei 2021
Profil Timnas Hungaria di Piala Eropa 2020: Kurcaci di Antara Raksasa
Timnas Hungaria (Twitter)

BolaSkor.com - Tim Nasional Hungaria untuk kali kedua secara beruntun mampu tampil di putaran final Piala Eropa. Namun nasib buruk harus dihadapi Nemzeti Tizenegy karena tergabung di grup neraka bersama para unggulan.

Kekuatan Timnas Hungaria pernah sangat disegani dunia. Namun hal itu terjadi puluhan tahun silam saat dua kali melaju ke final Piala Dunia 1938 dan 1954 serta peringkat ketiga Piala Eropa 1964.

Setelah itu, reputasi Hungaria tenggelam secara perlahan. Negara asal Ferenc Puskas tersebut bahkan absen dari putaran final Piala Eropa sejak 1976 hingga 2012.

Baca Juga:

Sergio Ramos Tak Dipanggil, Spanyol Tanpa Pemain Madrid pada Piala Eropa 2020

5 Kandidat Peraih Sepatu Emas Piala Eropa 2020

Pesan di Balik Lagu Resmi Piala Eropa, We Are The People

Masa penantian Hungaria berakhir pada 2016 silam. Mereka bahkan mampu menandai comeback-nya dengan melaju hingga babak 16 besar.

Kejutan serupa mulai dirintis Hungaria saat ini. Sama seperti edisi sebelumnya, mereka lolos ke putaran final melalui jalur play-off.

Tim yang gemar mengganti pelatih itu mampu menyingkirkan Islandia di play-off. Sebelumnya, Hungaria hanya menempati peringkat keempat grup E pada babak kualifikasi.

Namun kejutan Hungaria di putaran final tampaknya akan terhenti pada fase grup. Hal itu karena tim yang kini ditangani Marco Rossi tersebut akan bersaing dengan Prancis, Portugal, dan Jerman di grup F.

Hungaria seperti kurcaci di antara kumpulan raksasa. Namun bola itu bundar dan segala kemungkinan selalu bisa terjadi.

Momen Bersejarah

Gabor Kiraly menjadi kunci Timnas Hungaria lolos ke fase gugur Piala Eropa 2016 sebagai juara grup.

Prestasi terbaik Hungaria di Piala Eropa adalah merebut peringkat ketiga edisi 1964. Tim yang kala itu ditangani Lajos Baroti takluk dari Spanyol pada semifinal dengan skor 2-1.

Namun Hungaria mampu bangkit pada laga perebutan peringkat ketiga. Lewat babak perpanjangan waktu, mereka mengalahkan Denmark 3-1.

Sementara pada penampilan terakhirnya di edisi 2016, Gabor Kiraly mencuri perhatian publik. Selain tangguh di bawah mistar gawang, penampilannya dengan menggunakan celana panjang dianggap unik.

Kiraly hanya kebobolan empat gol di fase grup dan mengantar Hungaria lolos ke fase gugur dengan status juara grup.

Namun Kiraly tak berdaya menahan gempuran Belgia pada babak 16 besar. Hungaria takluk empat gol tanpa balas.

Pemain Kunci

Peter Gulacsi

Kekuatan utama Hungaria adalah kolektivitas tim. Namun ada sejumlah nama yang menonjol dan menjadi pemain kunci.

Salah satunya adalah Peter Gulacsi. Kiper RB Leipzig itu mampu menjalankan peran sebagai pengganti Kiraly.

Nama lain yang patut diperhatikan adalah Dominik Szoboszlai. Gelandang berusia 20 tahun itu merupakan pencetak gol kemenangan Hungaria ke gawang Islandia pada laga play-off.

Pelatih

Marco Rossi

Marco Rossi sudah menangani Timnas Hungaria sejak tahun 2018. Ia berani mengandalkan pemain muda dan kini hasilnya mulai terlihat.

Rekor Rossi juga cukup baik bersama Hungaria. Dari 27 laga di semua ajang, ia mampu meraih 14 kemenangan, empat hasil imbang, dan menelan sembilan kekalahan.

Hal ini cukup mengejutkan karena Hungaria merupakan timnas pertama yang pernah ditangani Rossi. Sebelumnya, ia hanya berpengalaman menangani klub-klub semenjana Eropa.

Prediksi Formasi

Timnas Hungaria

Timnas Hungaria (3-5-2): Peter Gulacsi; Endre Botka, Willi Orban, Attila Szalai; Attila Fiola, Zsolt Kalmar, Adam Nagy, Dominik Szoboszlai, Filip Holender; Roland Sallai, Adam Szalai.

Jadwal Pertandingan

Hungaria vs Portugal (15/06 - 23.00 WIB - Puskas Arena)
Hungaria vs Prancis (19/06 - 20.00 WIB - Puskas Arena)
Jerman vs Hungaria (24/06 - 02.00 WIB - Allianz Arena)

Timnas hungaria Piala eropa Piala Eropa 2020 Profil Tim Piala Eropa Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan