Profil Timnas Kroasia di Piala Eropa 2020: Percaya Diri Vatreni

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 21 Mei 2021
Profil Timnas Kroasia di Piala Eropa 2020: Percaya Diri Vatreni
Timnas Kroasia (Twitter)

BolaSkor.com - Salah satu kuda hitam yang patut diperhitungkan pada Piala Eropa adalah Kroasia. Status sebagai finalis Piala Dunia 2018 membuat Vatreni percaya diri dalam persaingan untuk menjadi yang terbaik di benua biru.

Materi pemain Kroasia tak jauh berbeda ketimbang saat menjadi yang terbaik kedua di dunia, tiga tahun silam. Tim asuhan Zlatko Dalic justru kian solid dan berpengalaman.

Kroasia bahkan sudah menebar ancaman sejak babak kualifikasi. Luka Modric sukses meraih tiket ke putaran final dengan status juara grup.

Baca Juga:

Skuad Sementara Tim-tim Piala Eropa 2020

Profil Timnas Makedonia Utara di Piala Eropa 2020: Masih Bau Kencur

Profil Timnas Austria di Piala Eropa 2020: Cita Rasa Bundesliga

Padahal Kroasia tergabung di grup E yang tidak mudah. Namun mereka mampu mengungguli Wales, Slovakia, Hungaria, dan Azerbaijan.

Kroasia total mengumpulkan 17 poin hasil lima kemenangan, dua kali imbang, dan satu kekalahan. Negara dari kawasan Balkan itu unggul tiga poin dari Wales di peringkat kedua.

Pada putaran final nanti, Kroasia tergabung di grup D bersama Inggris, Skotlandia, dan Republik Ceko. Lolos ke fase gugur tentu bukan target yang sulit diwujudkan mereka.

Momen Bersejarah

Kroasia menaklukkan Jerman pada fase grup Piala Eropa 2008.

Sejak memisahkan diri dari Yugoslavia, Kroasia hanya satu kali absen berlaga di putaran final Piala Eropa. Namun prestasi mereka tidak secemerlang kala tampil di Piala Dunia.

Prestasi terbaik Kroasia hanya dua kali melaju ke babak perempat final. Salah satunya terjadi pada edisi 2008.

Ketika itu, Kroasia sempat mengalahkan Jerman dengan skor 2-1 di fase grup. Namun langkah tim asuhan Slaven Bilic tersebut terhenti di perempat final usai takluk secara dramatis dari Turki.

Kroasia juga sempat mengalahkan Spanyol dengan skor 2-1 pada laga terakhir fase grup Piala Eropa 2016. Kemenangan itu menjadi penentu langkah mereka ke 16 besar.

Pemain Kunci

Ivan Perisic dan Luka Modric

Kroasia memiliki banyak pemain yang memperkuat klub-klub besar Eropa. Namun peran Luka Modric dan Ivan Perisic masih sangat krusial dan tak tergantikan.

Modric merupakan kapten dan inspirator tim di lini tengah. Dengan usia yang sudah menginjak 35 tahun, Piala Eropa 2020 bisa menjadi turnamen terakhirnya bersama Kroasia.

Sementara Perisic merupakan top skorer Kroasia di babak kualifikasi dengan enam gol. Padahal ia bukanlah seorang penyerang murni.

Selain dua nama tersebut, Kroasia juga memiliki banyak pemain berkualitas lain. Beberapa di antaranya yaitu Marcelo Brozovic, Mario Pasalic, dan Mateo Kovacic.

Pelatih

Zlatko Dalic

Zlatko Dalic akan memimpin Timnas Kroasia di Piala Eropa 2020. Ini akan jadi debut kepelatihannya di turnamen terakbar antar negara-negara Eropa.

Kroasia bahkan menjadi timnas pertama yang ditangani Dalic dalam karier kepelatihannya. Sebelumnya ia lebih banyak bekerja menangani klub-klub Timur Tengah.

Meski minim pengalaman, Dalic akan coba menandai debutnya di Piala Eropa dengan maksimal. Ia setidaknya ingin mengulangi pencapaian di Piala Dunia 2018 saat mampu membawa Kroasia lolos ke final.

Prediksi Formasi

Kroasia

Timnas Kroasia 4-3-3): Dominik Livakovic; Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Borna Barisic; Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic; Nikola Vlasic, Ivan Perisic, Andrej Kramaric.

Jadwal Pertandingan

Inggris vs Kroasia (13/06 - 20.00 wib - Wembley)
Kroasia vs Republik Ceko (18/06 - 23.00 WIB - Hampden Park)
Kroasia vs Skotlandia (23/06 - 02.00 WIB - Hampden Park)

Piala Eropa 2020 Piala eropa Profil Tim Piala Eropa Timnas Kroasia Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan