BolaSkor.com - Tim nasional Makedonia Utara mencatatkan sejarah dengan menjadi peserta Piala Eropa 2020. Ini merupakan pertama kali Makedonia Utara berpartisipasi pada turnamen besar.

Kepastian didapat usai Makedonia Utara menumbangkan Georgia pada babak play-off Piala Eropa 2020. Bertanding di Boris Paichadze Dinamo Arena, markas Georgia, gol Goran Pandev memastikan Makedonia Utara lolos ke babak final.

Bergabung dengan Belanda, Ukraina, dan Austria di Grup C, Makedonia Utara menjadi tim yang tak diunggulkan. Maklum, dari sisi materi pemain, Makedonia Utara jelas kalah mentereng dibanding tiga tim lainnya.

Baca Juga:

Skuad Sementara tim-tim Piala Eropa 2020

Profil Timnas Belgia di Piala Eropa 2020: Menguji Generasi Emas

Profil Timnas Italia di Piala Eropa 2020: Kebangkitan Gli Azzurri

Timnas Makedonia Utara

Selain itu, Makedonia Utara juga belum memiliki pengalaman. Meskipun, sejumlah pemain berkarier di liga-liga top seperti Serie A dan LaLiga.

Kendati demikian, jangan terlalu mudah memandang enteng Makedonia Utara. Pasukan Crveni Lavovi berpotensi membuat kejutan.

Momen Bersejarah

Sejak Makedonia Utara melakukan debut internasional mereka dengan kemenangan 4-1 melawan Slovenia pada 13 Oktober 1993-Zoran Boskovski mencetak gol pertama mereka-ada beberapa momen yang terasa manis.

Satu di antaranya adalah aksi Artim Sakiri mencetak gol dari tendangan sudut ketika bersua Inggris pada kualifikasi Piala Eropa 2004. Selain itu, Makedonia Utara juga pernah menekuk Liechtenstein 11-1 pada kualifikasi Piala Dunia 1996.

Pemain Kunci

Timnas Makedonia Utara

Pemain kunci pertama yang dimiliki Makedonia Utara adalah penggawa Levante, Enis Bardhi. Biasanya, pesepak bola 25 tahun tersebut sering menebar ancaman dari sisi sayap. Enis Bardhi pernah menyabet gelar pemain terbaik Makedonia Utara pada 2017.

Bintang lainnya adalah Eljif Elmas. Pemain 21 tahun tersebut saat ini sedang memperkuat Napoli.

Eljif Elmas dikenal sebagai gelandang yang pandai menyusun serangan. Pada musim ini, ia sudah tampil dalam 33 pertandingan Serie A dengan mencatatkan dua gol plus satu assist.

Pemain lainnya yang siap menebar ancaman bagi lawan tentunya adalah Goran Pandev. Pesepak bola 37 tahun tersebut sudah kenyang memakan asam garam dunia si kulit bundar. Pandev juga merupakan bagian dari kesuksesan Inter Milan meraih treble pada 2010.

Pelatih

Timnas Makedonia Utara

Jika ada sosok yang pantas mendapatkan kredit atas prestasi Makedonia Utara berlaga di Piala Eropa dia adalah Igor Angelovski. Ramuan taktik pelatih 44 tahun tersebut membuat Makedonia Utara menjadi kuda hitam.

Igor Angelovski sudah menukanho Makedonia Utara sejak 2015. Ia terkenal gemar memainkan formasi 4-2-3-1. Igor Angelovski juga pernah membawa Rabotnicki Skopje juara Liga Makedonia.

Prediksi Formasi

Timnas Makedonia Utara (4-2-3-1): Stole Dimitrievski; Stefan Ristovski, Visar Musliu, Kire Ristevski, Ezgjan Alioski; Enis Bardhi, Stefan Spirovski, Marjan Radeski, Eljif Elmas, Goran Pandev; Aleksandar Trajkovski.

Jadwal Pertandingan

Austria Vs Makedonia Utara (13/6 - 23:00 WIB - National Arena)
Ukraina Vs Makedonia Utra (17/6 - 20:00 WIB - National Arena)
Makedonia Utara Vs Belanda (21/6 - 23:00 WIB - Amsterdam ArenA)