BolaSkor.com - Robert Lewandowski akan memimpin tim nasional Polandia pada Piala Eropa 2020. Namun, kekuatan Bialo-czerwoni bukan hanya sekadar penyerang Bayern Munchen tersebut.

Polandia tampil meyakinkan pada babak kualifikasi. Bergabung di Grup G, Polandia lolos sebagai juara grup. Dari delapan laga, Polandia meraup 19 poin. Sementara itu, Austria yang duduk pada posisi kedua tertinggal tiga poin.

Berdasarkan undian, Polandia akan masuk ke Grup E bersama Slovakia, Spanyol dan Swedia. Untuk lolos dari babak grup, Polandia memiliki sejumlah pemain yang bisa diandalkan.

Baca Juga:

Skuad Sementara Tim-tim Piala Eropa 2020

Profil Timnas Kroasia di Piala Eropa 2020: Percaya Diri Vatreni

Profil Timnas Inggris di Piala Eropa 2020: Momentum Tiga Singa

Caption

Memang, senjata utama Polandia tentunya adalah ketajaman Robert Lewandowski. Pemain 32 tahun itu tampil impresif pada musim ini dengan mencetak 41 gol di Bundesliga.

Kendati demikian, Paulo Sousa juga memiliki sejumlah pemain berbahaya lainnya seperti Arkadiusz Milik, Karol Linetty, dan Piotr Zielinski. Selain itu, jangan lupakan Wojciech Szczesny yang ada di bawah mistar gawang.

Catatan terbaik Polandia di Piala Eropa adalah melaju hingga perempat final pada 2016. Sedangkan, ketika menjadi tuan rumah bersama Ukraina, Polandia hanya bertahan pada babak grup.

Momen Bersejarah

Momen bersejarah Polandia di Piala Eropa tercipta pada edisi sebelumnya. Polandia menghadapi adu tendangan penalti melawan Swiss pada babak 16 besar.

Ketika skor sama kuat 4-4, Grzegorz Krychowiak muncul menjadi pahlawan. Sang pemain mengonversi tendangan penalti menjadi gol dan membawa Polandia ke delapan besar.

Namun, pada perempat final, giliran Polandia yang meneteskan air mata. Kegagalan penalti Blaszczykowski melawan Portugal membuat Polandia tersingkir.

Pemain Kunci

Timnas Polandia

Seperti yang sudah diterangkan di atas, pemain kunci pertama tentu saja adalah Robert Lewandowski. Sang striker punya ketajaman dan pengalaman yang sangat dibutuhkan Polandia.

Pada posisi penjaga gawang, Polandia memiliki Wojciech Szczesny. Performa pemain 31 tahun itu cukup stabil bersama Juventus. Pertahanan kian kukuh karena Jan Bednarek siap memegang tongkat komando pada posisi palang pintu.

Peran Piotr Zielinski diprakirakan akan sangat penting di lini tengah. Ketika bermain di Napoli, gelandang 27 tahun tersebut menjadi motor permainan dengan pendistribusian bola yang baik.

Sementara itu, jika Lewandowski mendapatkan penjagaan ketat, Polandia masih punya Arkadiusz Milik. Sang striker mulai menemukan kembali ketajamannya usai bermain di Olympique Marseille.

Pelatih

Paulo Sousa

Paulo Sousa adalah pelatih yang syarat pengalaman. Ia pernah menukangi sejumlah klub lintas negara seperti QPR, Swansea, Leicester City, FC Basel, Fiorentina, TJ Quanjian, dan Bordeaux.

Kini, pelatih 50 tahun tersebut bertugas menjawab kepercayaan federasi sepak bola Polandia yang menunjuknya menukangi Lewandowski dan kawan-kawan. Sebelumnya, orang yang berada di belakang kemudi Polandia adalah Jerzy Brzeczek.

Prediksi Formasi

Timnas Polandia (4-4-2): Wojciech Szczesny; Bartosz Bereszynski; Kamil Glik, Kamil Piatkowski, Maciej Rybus; Kamil Jozwiak, Grzegorz Krychowiak, Karol Linetty, Piotr Zielinski; Arkadiusz Milik, Robert Lewandowski.

Jadwal Pertandingan

Polandia Vs Slovakia (14/6 - 23.00 WIB - Krestovsky Stadium)
Spanyol Vs Polandia (20/6 - 02.00 WIB - Estadio de La Cartuja)
Swedia Vs Polandia (23/5 - 23.00 WIB - Krestovsky Stadium)