Profil Timnas Portugal di Piala Eropa 2020: Beban Juara Bertahan

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 29 Mei 2021
Profil Timnas Portugal di Piala Eropa 2020: Beban Juara Bertahan
Timnas Portugal (Twitter)

BolaSkor.com - Status juara bertahan yang disandang membuat Tim Nasional Portugal menjadi unggulan utama di Piala Eropa 2020. Namun label tersebut kerap menjadi beban tersendiri yang akhirnya berujung petaka.

Kesuksesan Portugal menjuarai Piala Eropa 2016 adalah sebuah kejutan. Saat itu Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan memang tidak diunggulkan.

Kini kondisinya berbeda 180 derajat. Portugal berstatus sebagai raja Eropa setelah juga menjuarai UEFA Nations League edisi pertama.

Baca Juga:

Sergio Ramos Tak Dipanggil, Spanyol Tanpa Pemain Madrid pada Piala Eropa 2020

5 Kandidat Peraih Sepatu Emas Piala Eropa 2020

Pesan di Balik Lagu Resmi Piala Eropa, We Are The People

Beban tersebut tampak sudah mulai dirasakan. Pada babak kualifikasi, Portugal hanya mampu menempati posisi runner up grup B.

Padahal Portugal hanya bersaing dengan tim-tim menengah seperti Ukraina, Serbia, Luksemburg, dan Lithuania. Nama pertama akhirnya tampil sebagai juara grup.

Hal ini menjadi sinyal bahaya bagi Portugal. Apalagi mereka sudah harus saling bunuh dengan Jerman, Prancis, dan Hongaria di fase grup.

Momen Bersejarah

Portugal juara Piala Eropa 2016

Momen paling bersejarah Portugal di Piala Eropa tentu saat menjuarainya pada 2016 silam. Saat itu tim asuhan Fernando Santos mengalahkan tuan rumah Prancis pada laga final.

Menariknya, kemenangan itu diraih tanpa bantuan Ronaldo. Sang megabintang harus ditarik keluar pada pertengahan babak pertama karena cedera.

Portugal memastikan kemenangannya pada babak perpanjangan waktu lewat gol tunggal Eder. Itu menjadi trofi Piala Eropa perdana yang diraih mereka.

Namun Portugal pernah bernasib sama seperti Prancis pada edisi 2004. Tampil di final sebagai tuan rumah, mereka justru takluk dari Yunani.

Pemain Kunci

Cristiano Ronaldo dan Bruno Fernandes

Materi pemain Portugal lebih merata ketimbang pada edisi 2016. Cristiano Ronaldo masih menjadi bintang utama meski kini diimbangi dengan kualitas Bruno Fernandes dan Ruben Dias yang meningkat pesat.

Ronaldo akan menjadi ujung tombak andalan Portugal. Perannya sebagai kapten juga akan sangat berpengaruh.

Ronaldo akan mendapat dukungan penuh dari Bruno Fernandes. Gelandang Manchester United tersebut dikenal memiliki umpan-umpan akurat dan naluri gol yang tinggi.

Sementara peran Dias juga tak kalah penting. Palang pintu Manchester City itu akan membuat pertahanan Portugal sulit ditembus tim-tim lawan.

Pelatih

Fernando Santos

Fernando Santos sudah menukangi Timnas Portugal selama tujuh tahun. Ia menjadi aktor kunci lancarnya proses regenerasi di skuat Selecao das Quinas.

Santos tentu berambisi membawa Portugal mempertahankan gelar juara. Hal itu akan membuktikan kesuksesan tim asuhannya lima tahun silam bukan sebuah keberuntungan.

Prediksi Formasi

Fernando Santos

Timnas Portugal (4-3-3): Anthony Lopes; Cedric, Jose Fonte, Ruben Dias, Joao Cancelo; Bruno Fernandes, Danilo Pereira, Sergio Oliveira; Bernardo Silva, Cristiano Ronaldo, Diogo Jota.

Jadwal Pertandingan

Hongaria vs Portugal (15/06 - 23.00 WIB - Ferenc Puskas Stadium)
Portugal vs Jerman (19/06 - 23.00 WIB - Allianz Arena)
Portugal vs Prancis (24/06 - 02.00 WIB - Ferenc Puskas Stadium)

Piala eropa Piala Eropa 2020 Timnas Portugal Profil Tim Piala Eropa Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan