Profil Timnas Prancis di Piala Eropa 2020: Tuntaskan Rasa Penasaran

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Minggu, 30 Mei 2021
Profil Timnas Prancis di Piala Eropa 2020: Tuntaskan Rasa Penasaran
Timnas Prancis (Twitter)

BolaSkor.com - Tim Nasional Prancis layak menjadi salah satu unggulan utama di Piala Eropa 2020. Selain diperkuat banyak pemain bintang, Les Blues juga datang dengan status juara dunia.

Status tersebut tentu membuat Prancis lebih percaya diri. Tim-tim lawan juga lebih segan kepada mereka.

Prancis tentu memendam rasa penasaran setelah gagal menjadi juara pada edisi sebelumnya. Bertindak sebagai tuan rumah tunggal Piala Eropa 2016, Paul Pogba dan kawan-kawan takluk dari Portugal pada laga final.

Baca Juga:

Giorgio Chiellini Pensiun dari Timnas Italia Usai Piala Eropa 2020

8 Bintang Muda yang Dapat Mencuri Perhatian di Piala Eropa 2020

Profil Timnas Portugal di Piala Eropa 2020: Beban Juara Bertahan

Prancis juga termotivasi dengan kisah sukses dua dekade silam. Saat itu, Zinedine Zidane sukses menjuarai Piala Eropa 2000 setelah dua tahun sebelumnya meraih trofi Piala Dunia.

Prancis mengawali perjalanannya dengan tampil perkasa di babak kualifikasi. Mereka menjuarai grup H dengan mengemas delapan kemenangan, satu kekalahan, dan satu hasil imbang.

Namun jalan yang dilalui Prancis akan lebih terjal karena tergabung di grup neraka pada putaran final. Jerman, Portugal, dan Hongaria siap menjegal mereka di grup F.

Momen Bersejarah

David Trezeguet mencetak gol kemenangan Prancis di final Piala Eropa 2000.

Salah satu momen paling bersejarah Prancis di Piala Eropa tentu laga final tahun 2000. Tim Ayam Jantan mengalahkan Italia secara dramatis.

Prancis seperti akan menelan kekalahan karena hingga waktu normal berakhir masih tertinggal 0-1. Marco Delvecchio membawa Italia unggul pada awal babak kedua.

Namun Sylvain Wiltord akhirnya mampu membawa Prancis menyamakan kedudukan pada masa injury time. Laga terpaksa dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Pada momen inilah David Trezeguet menjelma menjadi pahlawan. Tampil sebagai pemain pengganti, pemain berkepala plontos itu mencetak gol indah ke gawang Francesco Toldo pada menit ke-103.

Gol tersebut secara otomatis memastikan kemenangan Prancis. Saat itu format Golden Goal memang masih digunakan.

Momen bersejarah lainnya tentu kekalahan dari Portugal pada final 2016. Hasil itu sangat menyakitkan karena terjadi di depan pendukung mereka sendiri.

Apalagi Portugal tampil tidak dengan kekuatan penuh karena Cristiano Ronaldo mengalami cedera di tengah pertandingan. Namun Prancis gagal memanfaatkan kondisi tersebut dengan maksimal.

Portugal yang lebih banyak ditekan justru mampu memecah kebuntuan pada babak perpanjangan waktu. Tendangan mendatar Eder tak mampu ditaklukkan Hugo Lloris.

Pemain Kunci

Antoine Griezmann dan N'Golo Kante

Deretan bintang mewarnai skuat Prancis. Namun N'Golo Kante dan Antoine Griezmann sedikit lebih menonjol.

Kante seperti tak tergantikan di lini tengah. Daya jelajahnya yang luas membuat Prancis sangat sulit dikalahkan.

Sementara Griezmann memang masih kesulitan menunjukkan performa terbaik di Barcelona. Namun ia seperti menjadi sosok yang berbeda bersama Timnas Prancis.

Griezmann menjadi salah satu sosok kunci dalam pola serangan Prancis. Ia juga sangat subur dan berstatus sebagai pemain terbaik Piala Eropa 2016.

Pelatih

Didier Deschamps

Deschamps merupakan kapten Prancis ketika menjuarai Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000. Pengalaman tersebut tentu sangat berguna saat kini beralih profesi sebagai pelatih.

Pria berusia 52 tahun tersebut kini tengah memburu rekor sebagai orang pertama yang menjuarai Piala Dunia dan Piala Eropa dengan status pemain serta pelatih. Peluang untuk mewujudkannya cukup terbuka.

Mayoritas skuat Prancis tidak jauh berbeda ketimbang dua tahun silam. Deschamps dan para pemainnya justru kini kian berpengalaman dan memiliki chemistry yang lebih kuat.

Prediksi Formasi

Timnas Prancis

Timnas Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris, Benjamin Pavard, Raphael Varane, Presnel Kimpembe, Lucas Hernandez; N'Golo Kante, Paul Pogba; Kingsley Coman, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Karim Benzema.

Jadwal Pertandingan

Prancis vs Jerman (16/06 - 02.00 WIB - Allianz Arena)
Hongaria vs Prancis (19/06 - 20.00 WIB - Puskas Arena)
Portugal vs Prancis (24/06 - 02.00 WIB - Puskas Arena)

Piala Eropa 2020 Piala eropa Profil Tim Piala Eropa Timnas Prancis Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan