Profil Timnas Slovakia di Piala Eropa 2020: Potensi Jadi Kuda Hitam

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Selasa, 25 Mei 2021
Profil Timnas Slovakia di Piala Eropa 2020: Potensi Jadi Kuda Hitam
Timnas Slovakia (Sports Mole)

BolaSkor.com - Tim nasional Slovakia akan berjuang pada Piala Eropa 2020 dengan mengawali langkah di Grup E bersama Spanyol, Polandia, dan Swedia. Meskipun di atas kertas merupakan tim yang paling tak berpengalaman dibanding tiga lainnya, tetapi Slovakia berpotensi menjadi kuda hitam.

Slovakia mengalami masa-masa sulit usai berpisah dari Republik Ceko. Padahal, ketika masih bergabung, Cekoslovakia pernah bercokol pada peringkat ketiga (1960, 1980) dan juara pada 1976.

Kini, Slovakia mulai menyusun kembali kekuatan. Pada edisi terakhir, Repre melewati babak penyisihan grup sebelum akhirnya ditumbangkan Jerman.

Baca Juga:

Skuad Sementara Tim-tim Piala Eropa 2020

Profil Timnas Kroasia di Piala Eropa 2020: Percaya Diri Vatreni

Profil Timnas Inggris di Piala Eropa 2020: Momentum Tiga Singa

Timnas Slovakia

Peluang Slovakia mengulangi catatan tersebut terbuka lebar. Meskipun, Milan Skriniar dan kawan-kawan akan bersaing dengan Spanyol, Polandia, dan Swedia yang lebih diunggulkan.

Momen Bersejarah

Antonin Pakenka yang merupakan pemain kelahiran Ceko menjadi pahlawan setelah mencetak gol dari titik putih pada laga melawan Jerman Barat di Piala Eropa 1976.

Meski demikian, Slovakia juga ambil bagian dalam keberhasilan tersebut dengan menyumbangkan dua penggawa yakni sang pelatih, Vaclav Jezek dan asistennya, Jozef Venglos.

Selanjutnya, momen bersejarah lainnya adalah ketika Jozef Barmos yang lahir di Slovakia tampil gemilang pada duel melawan tuan rumah, Italia, di Piala Eropa 1980. Cekoslovakia unggul dalam adu tendangan penalti dengan skor 9-8.

Pemain Kunci

Milan Skriniar

Pemain kunci pertama Slovakia adalah Marek Hamsik. Pengalaman serta visi bermain gelandang 33 tahun itu masih dibutuhkan Slovakia.

Selain itu, Milan Skriniar siap menjadi benteng di lini pertahanan. Bek 26 tahun tersebut terkenal lugas dan kuat dalam duel individu.

Milan Skriniar juga datang dengan status juara setelah membawa Inter Milan memenangi Serie A 2020-2021. Sang bek siap menduplikasi performa pada level klub ke tim nasional.

Pada posisi gelandang bertahan, Slovakia akan mengandalkan Stanislav Lobotka. Penggawa Napoli itu tampil dalam 23 pertandingan pada musim ini.

Pelatih

Stefan Tarkovic

Stefan Tarkovic adalah orang yang mengenal tim nasional Slovakia luar dalam. Ia sudah masuk dalam struktur kepelatihan pada Juli 2013. Selain pelatih, Stefan Tarkovic sempat menjadi asisten pelatih, pelatih interim, dan direktur teknik.

Pelatih 41 tahun tersebut biasanya sering menggunakan formasi dengan lima gelandang. Taktik tersebut membuat Slovakia tak hanya kuat dalam menyerang, tetapi juga sulit ditembus.

Prediksi Formasi

Timnas Slovakia (4-5-1): Dusan Kuciak; Tomas Hubocan, Milan Skriniar, Lubomir Satka, Jakub Holubek; Juraj Kucka, Stanislav Lobotka, Marek Hamsik, Ondrej Duda, Robert Mak, Robert Bozenik.

Jadwal Pertandingan:

Polandia Vs Slovakia (14/6 - 23.00 WIB - Krestovsky Stadium)
Swedia VS Slovakia (18/6 - 20.00 WIB - Krestovsky Stadium)
Slovakia Vs Spanyol (23/6 - 23.00 WIB - Estadio de La Cartuja)

Profil Tim Piala Eropa Timnas Slovakia Breaking News Piala Eropa 2020
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.507

Bagikan